Logo BBC

Deforestasi Ditambah Corona Bikin Amazon bagai Neraka Jahanam

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

People attend a collective burial of people that have passed away due to the coronavirus disease
Reuters
Virus corona membuat kota Manaus kewalahah, dengan orang-orang yang meninggal akivat virus corona dimakamkan di pemakaman massal

Di tengah hutan hujan di Brasil, virus corona berkembang pesat. Manaus, kota terbesar di kawasan Amazon adalah pusat wabah. Mereka menggali kuburan massal, satu-satunya yang bisa dilakukan pihak berwenang yang kewalahan karena banyaknya kematian akibat Covid-19.

Banyak orang-orang bertanya-tanya apakah kota ini, ibu kota dari negara bagian Amazonas, akan menjadi Guayaquil - kota yang terdampak parah di Ekuador - berikutnya.

Sulit untuk membandingkan keduanya, seiring dengan foto-foto mayat yang tak dikuburkan di Ekuador masih menempel di benak publik.

Amazonas adalah salah satu wilayah di Brasil yang memiliki angka infeksi tertinggi, dan juga daerah dengan sistem kesehatan yang buruk, sebuah kombinasi yang menyebabkan kekacauan di hutan tersebut.

Pada April, Manaus mengalami pelonjakan 578% jumlah orang yang meninggal akibat penyakit pernapasan akut itu.

Mereka tak secara resmi dinyatakan sebagai korban Covid-19, namun para pakar meyakini bahwa itu bisa jadi salah satu alasan. Dengan jumlah tes yang masih rendah, ada banyak kasus yang tak dilaporkan dari kasus yang sudah terkonfirmasi.