KBRI Seoul Angkat Bicara soal Mayat ABK WNI Dibuang dari Kapal China

Dubes RI, Umar Hadi, (kiri) menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.
Sumber :
  • KBRI Seoul

VIVA – Viral video pelarungan atau pembuangan jenazah ABK asal Indonesia dari kapal China yang disiarkan oleh stasiun televisi Korea Selatan (Korsel). Informasi itu juga didapatkan dari para ABK yang berlabuh di Busan dan kemudian memohon investigasi atas ketidakadilan yang mereka alami di kapal berbendera China. 

Duduk Perkara 2 WNI Ditangkap Polisi Korsel Usai Dituduh Curi Teknologi Jet Tempur KF 21

Duta Besar RI untuk Korsel Umar Hadi mengatakan sudah mengetahui soal laporan ABK tersebut kepada otoritas Korsel. Hingga saat ini hal tersebut masih diinvestigasi. 

"KBRI Soul terus memberi perhatian serius terhadap permasalahan yang dihadapi ABK WNI yang bekerja di atas kapal-kapal penangkap ikan “longliners” berbendera RRT. Sebagaimana diberitakan stasiun TV MBC Selasa malam," kata Umar Hadi saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu malam, 6 Mei 2020.

7 ABK WNI Tenggelam di Laut Korsel, 3 Orang Tewas dan 4 Masih Dalam Pencarian

Dia melanjutkan, saat ini terdapat 14 ABK WNI yang sedang menjalani karantina di Kota Busan sejak diturunkan dari kapal pada tanggal 24 April 2020 yang lalu. 

"Mereka dalam keadaan baik dan akan segera pulang ke tanah air setelah masa karantina selesai," lanjutnya. 

Pedangdut Tisya Erni Dilaporkan ke Polda Metro Jaya Atas Dugaan Perselingkuhan

Dubes RI menjelaskan, para ABK WNI tersebut telah meminta bantuan pengacara pro-bono setempat untuk menyelesaikan permasalahan mereka. 

"Otoritas penegak hukum Korsel sedang melakukan pemeriksaan atas permasalahan tersebut termasuk laporan pelarungan jenazah rekan-rekan mereka di laut lepas," kata dia lagi. 

Kepala BP2MI Benny Rhamdani konferensi pers terkait tenggelamnya Tanker Korsel.

Kapal Tanker Korsel Bawa WNI Tenggelam, Benny Rhamdani Minta Proses Evakuasi Dipercepat

Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Kemlu terkait insiden tenggelamnya kapal tanker Korsel di Perairan Jepang tersebut.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024