Hebat! Seekor Anjing Bersihkan 250.000 Sampah di Pantai Selama 2 Tahun

Anjing di Inggris pembersih sampah di tepi pantai
Sumber :
  • Instagram/@beachdogsuk

VIVA – Seekor anjing berjenis Labrador Retriever bernama Molly sedang menjadi selebriti lokal di tepi laut Yorkshire Utara, Inggris. Molly bisa tenar karena telah memungut lebih dari 250.000 keping sampah di pantai dalam kurun waktu 2 tahun.

Artis hingga Komedian Inggris Minta Pemerintahnya Setop Ekspor Senjata ke Israel

Pemiliknya, Fliss Carter mengatakan kepada Mirror, bahwa dia memang melatih Molly untuk menemukan barang yang dibuang sembarangan oleh pengunjung pantai seperti botol plastik, tali, sekop, ember, mainan, dan sepatu. Pasangan pemulung ini telah membersihkan garis pantai setelah Carter pindah ke kota Scarborough pada 2017.

Molly pun datang kepada Carter pada Desember 2017 dan mereka tidak dapat dipisahkan sejak itu. 

Declan Rice Bujuk Dua Bintang Inggris untuk Rayu Ben White Kembali ke Timnas

"Dia teman terbaik aku, kami bekerja bersama, hidup bersama, bermain bersama, dan dia selalu ada dimsisiku. Saya mungkin bisa mengisi keranjang sampah setiap satu atau dua pekan dengan apa yang kami kumpulkan," kata Carter.

"Tetapi, pada satu kesempatan, saya melihat garasi saya kemungkinan besar 60 persen dipenuhi sampah pantai yang sedang menunggu untuk dibagikan kepada seniman lokal yang akan digunakan mereka untuk membuat karya seni dan patung," kata Carter.

Akibat Banjir, Sampah TPA Cipayung Diduga Longsor ke Kali

Baca Juga: Lagi Pandemi Corona, Warga Jepang Malah Antre Buat Operasi Plastik

Carter sendiri sehari-hari bekerja sebagai pemilik tempat spa dan perawatan kulit di Scarborough. Meski memiliki pekerjaan tetap, Carter masih bisa menyempatkan waktu untuk mengabadikan beberapa momen ia dan Molly bergerak membersihkan sampah di tepi pantai.

Pada hari tertentu, kemampuan Molly dalam mengendus meningkat ke berbagai jenis sampah mulai dari puntung rokok, cangkir kopi, balon, label harga dari mainan pantai, korek api, dan pembungkus makanan.

Upaya membersihkan pantai yang dilakukan Molly telah mengubahnya menjadi pahlawan lokal. Sebagian besar warga di sekitar pantai mulai mengagumi perilaku anjing tersebut ketika berlari mengambil sampah di sepanjang pantai.

"Kami pernah dihentikan sepanjang waktu oleh orang-orang yang menganggapnya menggemaskan karena dia bersih-bersih. Dia mendapat banyak perhatian dan dia menyukainya, dia mulai tahu bahwa dia adalah bintang," ujar Carter.

"Sayangnya Molly tidak bisa membersihkan pantai sendirian, tapi dia berusaha. Kami pun ingin melibatkan orang yang setidaknya membuat mereka berpikir dua kali sebelum membuang sampah mereka secara sembarangan," kata Carter menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya