Jet Aerobatik AU Kanada Jatuh Menimpa Rumah, Satu Orang Tewas

Pesawat jatuh
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Sebuah pesawat jet aerobatik milik angkatan udara Kanada jatuh di kawasan permukiman penduduk di kota Kamloops, British Columbia pada Minggu 17 Mei 2020.  Insiden ini membuat satu orang tewas, satu orang luka-luka dan membuat satu rumah terbakar.

Dukung Kemerdekaan Palestina, Kanada Ogah Jual Senjata ke Israel

Salah satu video insiden yang tersebar di media sosial menunjukkan terdapat satu orang kru pesawat Snowbirds yang melontarkan diri dari pesawat sebelum pesawat itu jatuh dan terbakar. Warga di sekitar kawasan kejadian juga mengatakan banyak puing-puing berserakan di sekitar tempat kejadian.

Pasukan Snowbirds Kanada adalah pasukan yang setara dengan pasukan Thunderbirds AS dan Red Arrows Inggris. Royal Canadian Air Force melalui Twitter mengonfirmasi tewasnya salah satu anggota tim Snowbirds.
"Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa salah satu anggota tim Snowbirds CF telah meninggal dan satu orang mengalami cedera serius," tulisnya seperti dilansir The Guardian pada Senin, 18 Mei 2020.

Atlet Cantik Indonesia Juara Renang Artistik di Kanada

Tim Snowbirds memulai aksi Operasi Inspirasi pada awal bulan ini di Nova Scotia dan menampilkan formasi sembilan jet, yang bertujuan untuk menghibur masyarakat di tengah pandemi. Sebuah video yang diunggah di Twitter menunjukkan dua pesawat Snowbirds lepas landas dari bandara Kamloops. Kemudian salah satu pesawat tampak melesat naik ke langit sebelum akhirnya berputar dan jatuh ke tanah. Video tersebut juga menunjukkan terdapat satu orang yang keluar dari pesawat sebelum akhirnya terhalang oleh pohon dan terdengar suara ledakan.

Walikota Kamloops, Ken Christian mengatakan insiden ini benar-benar mengguncang penduduk kota.
Royal Canadian Mounted Police mengatakan penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki. Departemen Pertahanan Nasional mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Prioritas utama kami saat ini adalah memastikan status personel kami, masyarakat dan personel darurat pendukung. Bila diperlukan, informasi lanjutan akan tersedia."

Raksasa Dunia! Ini 10 Negara Terluas yang Menakjubkan

Kenny Hinds, salah seorang warga sekitar mengatakan pesawat tersebut nampaknya menimpa ruang tamu dari rumah tempat kecelakaan itu terjadi.

Laporan: Dion Yudhantama

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya