VIDEO: Viral Polisi Berlutut dan Peluk Pendemo Anti Rasis di AS

Protes Anti Rasis di AS dukung George Floyd
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Aksi demonstrasi dukungan untuk George Floyd terus berlangsung di hampir seluruh bagian Amerika Serikat. Floyd merupakan seorang warga AS yang meninggal dunia karena sesak napas disebabkan adanya tekanan pada leher dan punggung saat seorang oknum polisi bernama Derek Chauvin menindih tubuh dan leher Floyd. 

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

Di tengah ricuhnya protest warga AS, ada cerita menarik di baliknya. Di tengah sorak-sorai demonstran, pemandangan polisi memeluk demonstran jadi viral. Seorang petugas kepolisian dari wilayah Oakley memeluk salah seorang demonstran di California, Amerika Serikat. Teriakan dukungan yang disampaikan oleh para demonstran tersebut sebagai bentuk aksi simpatik petugas kepolisian di daerah itu. 

Tidak hanya di California, petugas kepolisian di Briarwood terlihat bergabung ke tengah-tengah demonstran untuk memberikan dukungan atas aksi demonstrasi yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat. 

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Kedatangan petugas kepolisian itu pun disambut gembira oleh para demonstran yang memberikan apresiasi atas tindakan petugas tersebut. Kesempatan itu dimanfaatkan pihak kepolisian untuk memberikan imbauan dan pengertian kepada para demonstran untuk tetap melakukan unjuk rasa dengan damai. 

Baca Juga: Demo George Floyd Meluas, Kemenlu Minta WNI di AS Tetap di Rumah Aja

Pabrik Rakit Drone Ukraina Hancur Dibom Pasukan Rusia

Hal yang dilakukan petugas kepolisian itu membuat dua kota tersebut menyampaikan aksi demonstrasi mereka dengan damai. 

Meski begitu di daerah lainnya aksi pengerusakan dan penjarahan masih saja terjadi. Sempat beredar video orang yang menjarah toko Louis Vuitton, Gucci, Nike hingga Apple telah dibagikan secara online dan netizen. 

Demonstran terus mengincar toko-toko barang mewah yang dilihatnya. Mereka benar-benar mengosongkan toko, di video terlihat jika mereka melarikan diri dengan membawa sejumlah baju dan barang lain yang ada di toko tersebut. 

Seperti toko Apple, ketika ada sekelompok demonstran yang bisa menghancurkan pintu toko, saat itu juga seluruh demonstran masuk dan menjarah seluruh barang yang dilihatnya. 

Salah satu toko Nike yang berada di Chicago dihancurkan oleh demonstran. Orang-orang masuk melalui kaca yang telah hancur. Tidak lama kemudian orang-orang itu mulai keluar dengan tangan yang penuh dengan pakaian dan perlengkapan olahraga. Beberapa gedung pun dikabarkan terbakar akibat aksi yang dilakukan oleh masa demonstrasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya