Pascakematian George Floyd Kepolisian Minneapolis Terancam Bubar Jalan

Kepolisian Minneapolis sedang mengadang aksi demo kematian George Floyd.
Sumber :
  • WTTW

VIVA – Kasus kematian warga keturunan Afro-Amerika kini tak hanya memicu amuk massa ke kantor polisi namun mengarah pada rencana kebijakan membubarkan departemen polisi lokal. Dewan Kota Minneapolis di Amerika Serikat pada Minggu 7 Juni 2020 menyatakan bahwa pihaknya berencana untuk menarik dana dan membekukan departemen kepolisian di kota tersebut. Hal tersebut dilakukan usai insiden pembunuhan George Floyd, pria Afro-Amerika yang meregang nyawa di tangan polisi.

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

"Kami berkomitmen untuk membongkar kepolisian di Kota Minneapolis. Seperti yang kita tahu, hal ini untuk membangun kembali hubungan dengan komunitas kami melalui model baru keamanan publik yang benar-benar menjaga keamanan komunitas kami," kata Presiden Dewan Kota Minneapolis, Lisa Bender, kepada CNN Amerika, Senin 8 Juni 2020.

Baca Juga: Siapa Edward Colston, Mengapa Patungnya Dirobohkan Demonstran Inggris

Aiman Senang Kasus Soal Aparat Tak Netral Disetop, HP Diambil ke Polda Metro

Bender mengatakan, dirinya telah mendapatkan persetujuan dari 9 anggota Dewan Kota Minneapolis. Kondisi tersebut membuatnya akan memiliki super majority yang tidak dapat di veto oleh 13 anggotanya.

Dia pun menegaskan, bahwa janji dewan kota ini adalah pengakuan terhadap sistem yang saat ini sudah tidak berfungsi.

400 Personel Kepolisian Disiagakan Jaga Keamanan Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK Besok

"Sekarang, departemen kepolisian kami tidak membuat masyarakat merasa aman. Dan, komitmen kami adalah agar setiap anggota masyarakat mendapatkan keselamatan dan keamanan yang mereka perlukan," ujarnya.

Namun saat ditanya mengenai seperti apa bentuk pembubaran Departemen Kepolisian itu, Bender mengatakan, bahwa ia ingin mengalihkan dana kepolisian ke arah strategi berbasis masyarakat. Dia juga mengatakan bahwa Dewan Kota akan membahas cara mengganti departemen kepolisian saat ini.

"Gagasan tidak memiliki departemen kepolisian tentu tidak dalam jangka pendek," ucap Bender.

Sebelumnya, pembubaran seluruh departemen kepolisian pernah terjadi di negara Abang Sam. Menurut laporan, situasi tersebut pernah terjadi di Camden, New Jersey pada tahun 2012 lalu. 

Saat itu, Departemen Kepolisian Camden dibubarkan dan digantikan oleh satuan baru yang mencakup Camden County. Kejadian yang sama juga terjadi di Compton, California, pada tahun 2000, yang berujung pengalihan satuan kepolisian ke Los Angeles County.

Baca juga: Demo George Floyd Pecah dari London Menjalar ke Kota-kota di Inggris

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya