Kiamat Dunia 21 Juni Sangat Tak Ilmiah, Sarat Konspirasi dan Bualan

Piramida Suku Maya
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Masih ingat bagaimana masyarakat dunia percaya dengan kalender Maya yang meramalkan kiamat akan terjadi pada Desember 2012. Saat ini teori konspirasi baru muncul terkait hari kiamat. Bahkan akan terjadi dalam beberapa hari lagi, klaim teori itu.

6 Tradisi Unik Merayakan Hari Paskah dari Berbagai Negara

Teori konspirasi kiamat kembali muncul melalui perhitungan kalender Julian. Di mana dalam kalender itu disebutkan jika saat ini kita hidup pada tahun 2012 bukan 2020.

Teori ini muncul ketika ada klaim jika teori kalender Maya yang sebelumnya telah dipalsukan. Teori ini menyatakan bahwa delapan tahun telah hilang selama transisi dari kalender Julian ke kalender Gregorian.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Dalam sebuah cuitan dari akun Twitter, seorang bernama Paolo Tagaloguin menjelaskan bagaimana kalender Julian menyampaikan secara teknis jika saat ini kita hidup pada tahun 2012.

"Mengikuti Kalender Julian, kita secara teknis pada tahun 2012. Jumlah hari yang hilang dalam satu tahun karena pergeseran ke Kalender Gregorian adalah 11 hari. Selama 268 tahun menggunakan Kalender Gregorian (1752-2020) kali 11 hari = 2.948 hari. 2.948 hari / 365 hari (per tahun) = 8 tahun," tulisnya. 

UI Terima 2.105 Calon Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

Untuk itu 21 Desember 2012 sama dengan 21 Juni 2020. Sehingga menurut perhitungan Tagaloguin, Bumi akan hancur pada 21 Juni 2020. Cuitan itu pun telah menyebar dan membuat para pembacanya dipenuhi rasa kepanikan. 

Banyak yang mulai percaya bahwa dunia akan benar-benar berakhir tahun ini mengingat peristiwa-peristiwa bencana seperti virus Corona, badai, gempa bumi, dan lainnya terjadi secara terus-menerus. 

Namun CEO Grup Astronomi Dubai, Hasan Al Hariri menganggap laporan kurang terpercaya ini sebagai kebohongan. Dia mengatakan teori soal dunia akan berakhir pada 21 Juni 2020 adalah sangat tidak ilmiah dan perhitungan juga tidak logis.

"Sains itu elegan dan indah tapi membutuhkan upaya untuk memahami. Ini adalah kesempatan emas untuk mendidik orang. Setiap orang dengan temperamen ilmiah, tidak harus seorang ilmuwan tidak dapat mendukung jenis pesan ini," katanya. 

Baca juga: Aduh, Akun Instagram Vina Gangbang Porno Garut Hidup Lagi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya