Konflik di Perbatasan, Militer China Diduga Mutilasi Tentara India

VIVA Militer: Ilustrasi perseteruan China dan India
Sumber :
  • The Statesman

VIVA – Konflik di perbatasan India dan China sejak beberapa pekan terakhir menimbulkan korban jiwa dari kedua pihak. Sebanyak 22 anggota militer India tewas dalam bentrokan yang terjadi pada Senin malam pekan lalu, dan menjadi konflik militer pertama antara dua negara bersenjata nuklir sejak 1975.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Pasca insiden itu, pemerintah India mengungkapkan bahwa pasukan militernya dimutilasi setelah dipukul sampai mati oleh pasukan China dalam konflik tersebut. India juga mengatakan China menggunakan tongkat kayu bertabur paku dalam pertikaian di perbatasan Himalaya.

Tidak ada peluru yang ditembakkan sesuai perjanjian damai yang melarang senjata api dalam jarak 2 Km dari Line of Actual Control (LAC), garis yang ditarik dari lembah setinggi 17.000 kaki setelah kekalahan India dalam Perang Sino-India 1962.

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

Baca Juga: Tenarnya Kelompok John Kei, dari Penagih Utang Hingga Pengawal Lahan

Sebaliknya pihak China mengatakan ada 43 korban dari pihak mereka, namun tidak merinci apakah ada di antara anggotanya yang tewas dalam pertempuran tangan kosong di Lembah Galwan, Ladakh.

Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan Mulai Dikirim ke Diler

Dilansir Daily Mail, konflik ini telah menjadi titik kemarahan yang membakar di pihak India, ketika Delhi terus menekan Perdana Menteri Narendra Modi untuk melakukan pembalasan yang kuat.

Menanggapi klaim China atas insiden lembah itu, Minggu, 21 Juni 2020,  juru bicara Kementerian Urusan Luar Negeri India Anurag Srivastava mengatakan kedua pihak telah sepakat untuk menangani situasi dengan bertanggung jawab.

"Membuat klaim yang berlebihan dan tidak dapat dipertahankan bertentangan dengan pemahaman ini," katanya dalam sebuah pernyataan.

Kedua pihak saling menuduh memicu bentrokan antara pasukan mereka di lembah, bagian dari wilayah Ladakh yang disengketakan di sepanjang perbatasan Himalaya.

Bentrokan itu meningkatkan kebuntuan di wilayah yang disengketakan yang dimulai pada awal Mei ketika para pejabat India mengatakan tentara China melintasi perbatasan di tiga titik berbeda, mendirikan tenda dan pos jaga dan mengabaikan peringatan untuk pergi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya