Zoomer Alias Generasi Z Benar-benar Bikin Donald Trump Pening
Zoomer Alias Generasi Z Benar-benar Bikin Donald Trump Pening
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-bbc.jpg?v=8.7.24

Zoomer Alias Generasi Z Benar-benar Bikin Donald Trump Pening

Rabu, 24 Juni 2020 | 14:16 WIB
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/06/24/5ef2fd3fa8af5-zoomer-alias-generasi-z-siapa-mereka-dan-mengapa-mereka-membuat-donald-trump-sakit-kepala_663_382.jpg
Photo :
  • bbc

BBC Indonesia

 

Gen-z youngster with the pride flag
Getty Images
Sejumlah survei menyebut zoomer progresif pada isu gender dan LGBTQ. Namun mereka lebih konservatif tentang persoalan imigrasi.

 

Tim sukses Donald Trump pekan lalu mengira bakal mencetak rekor jumlah pendukung terbanyak yang hadir dalam sebuah kampanye pemilihan presiden Amerika Serikat.

Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Pada 20 Juni lalu, dari total 19 ribu bangku di arena kampanyenya di Tulsa, Oklahoma, hanya satu pertiga saja yang terisi.

Belakangan muncul kabar, kampanye Trump itu sepi karena pengaruh sekelompok muda-mudi pecinta K-Pop dan orang muda yang aktif di TikTok.

Melalui media sosial TikTok, muda-mudi itu meyakinkan kawan-kawan mereka untuk mendaftar ke kampanye Trump--bukan untuk benar-benar hadir, tapi mengelabui calon presiden dari Partai Republik tersebut.

 

Trump speaking in Tulsa with rows of empty seats in the background
Getty Images
Zoomer diyakini sebagai pihak yang mengacaukan kampanye kontroversial Trump di Tulsa, Oklahoma.

 

Soal bangku-bangku kosong itu, tim sukses Trump menyalahkan media massa dan pedemo yang berunjuk rasa di luar arena kampanye.

Orang-orang di balik Trump mengklaim, pendukung muda mereka tidak terpengaruh situasi yang terjadi.

Namun perbincangan publik kini berfokus tentang bagaimana para muda-mudi penggila musik pop Korea terlibat dalam upaya mengelabui Trump.

Kejadian di Tulsa itu juga disebut sebagai cermin seberapa besar kekuatan zoomer alias generasi Z. Kelompok demografi baru ini diyakini bakal membuat Trump dan banyak politikus lainnya pening.

 

 

 

Siapakah zoomer?

 

Ini adalah panggilan untuk Generasi Z alias orang-orang yang lahir pada pertengahan dekade 1990-an hingga awal tahun 2010-an. Rentang waktu lahir generasi ini masih menjadi perdebatan akademis.

Terminologi zoomer berkaitan dengan boomer, panggilan untuk orang-orang yang lahir antara tahun 1944 dan 1964.

 

Composite image of K-Pop`s Hope and BTS, and Black Lives Matter protesters
Getty Images
Sejumlah artis dan penggemar K-Pop diketahui mendukung gerakan Black Lives Matter.

 

 

Mengapa zoomer penting?

 

Generasi Z menguasai dunia dalam konteks jumlah. Beberapa penelitian menyebut mereka adalah populasi terbesar saat ini, sekitar 32?ri total penduduk dunia.

Saksikan Juga