Gempa 6.4 SR Guncang Tempat Tinggal Muslim Uighur di China

Umat Muslim Uighur di China.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Gempa bumi berkekuatan 6.4 skala richter mengguncang wilayah Yutian di barat laut daerah otonomi Xinjiang Uygur, China. Gempa terjadi pagi tadi sekitar pukul 05.05 waktu setempat, tanpa ada korban yang dilaporkan sejauh ini.

Menurut informasi yang dirilis China Earthquake Networks Center, sebagaimana dikutip Xinhua, episentrum gempa dipantau pada 35,73 derajat lintang utara dan 82,33 derajat bujur timur, dengan kedalaman 10 kilometer.

Sementara menurut biro seismologi regional, ketinggian rata-rata dalam jarak 5 kilometer di sekitar pusat gempa adalah sekitar 5.300 meter dan tidak ada desa dalam jarak 20 kilometer di sekitar pusat gempa. Gempa berkekuatan 6.4 SR termasuk dalam gempa kuat dan sering terjadi di China setiap tahun.

Gempa tersebut menghasilkan kerusakan pada sejumlah bangunan moderat, yang dibangun dengan baik di daerah penduduk. Struktur yang dibangun untuk menahan gempa bertahan dengan kerusakan ringan hingga sedang, sementara struktur yang dirancang dengan buruk akan mengalami kerusakan sedang hingga berat.

Media setempat melaporkan bahwa gempa yang terjadi pagi ini efeknya cukup dirasakan di area yang luas, bahkan jauh dari pusat gempa. Sementara getaran paling kuat terasa di sekitar pusat gempa. Hingga kini belum ada laporan tentang korban jiwa maupun jumlah kerusakan.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Baca juga: Dunia Berduka, Ratusan Orang Tewas Disambar Petir

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024