Logo DW

AS Borong Remdesivir untuk Pengobatan COVID-19

picture-alliance/Yonhap
picture-alliance/Yonhap
Sumber :
  • dw

Kementerian Kesehatan Jerman mengatakan sudah jauh-jauh hari menyiapkan stok Remdesivir yang memadai untuk pengobatan pasien Covid-19 di Jerman. Seroang juru bicara Kementerian Kesehatan mengatakan kepada kantor berita Jerman DPA hari Rabu (1/7), Jerman "punya persediaan cukup”.

Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan awal minggu ini, mereka telah memiliki perjanjian dengan perusahaan Gilead yang berkedudukan di California untuk menyiapkan sebagian besar produksi Remdesivir bagi warga AS untuk tiga bulan ke depan.

"Sedapat mungkin, kami ingin memastikan bahwa setiap pasien Amerika yang membutuhkan Remdesivir bisa mendapatkannya," kata Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Alex Azar dalam sebuah pernyataan.

Departemen Kesehatan AS mengatakan mereka telah membeli lebih 90 persen Remdesivir yang akan diproduksi Gilead bulan Juli, dan sudah "mengamankan 500.000 unit Remdesivir” sampai September mendatang.

Harganya sampai 3100 dolar untuk sekali perawatan

Gilead hingga akhir Juni telah menyumbangkan obat ini kepada yang membutuhkan. Namun mulai 1 Juli obat itu dijual dengan harga berkisar dari 2300 sampai 3100 dolar AS per perawatan yang membutuhkan lima sampai enam unit. Satu unit Remdesivir dijual antara 390 sampai 520 dolar AS.

Dalam sebuah pernyataan hari Rabu, Gilead mengatakan bahwa setiap pasokan zang tidak dibutuhkan oleh AS akan dikirim ke negara lain. Perusahaan itu juga mengatakan akan "bekerja secepat mungkin" untuk memungkinkan „akses di seluruh dunia.'