Kim Jong-un Klaim Korut atasi Virus Corona secara Gemilang
Kim Jong-un Klaim Korut atasi Virus Corona secara Gemilang
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-bbc.jpg?v=8.7.12
Jumat, 3 Juli 2020 | 15:08 WIB

Kim Jong-un Klaim Korut atasi Virus Corona secara Gemilang

https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/07/03/5efee68bf31b1-covid-19-di-korut-kim-jong-un-klaim-keberhasilan-gemilang-korea-utara-atasi-virus-corona_663_382.jpg
Photo :
  • bbc

Media milik pemerintah Korut menyebut Kim memperingatkan jajarannya bahwa pelonggaran prosedut anti-Covid bakal berdampak buruk.-Getty Images

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, memuji `keberhasilan gemilang` negaranya dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Saat berpidato pada pertemuan komite eksekutif partainya, Kamis (02/06), Kim menyebut negaranya mampu mencegah serangan virus ganas dan mempertahankan situasi yang stabil.

Korut menutup perbatasan dan mengisolasi ribuan orang selama enam bulan ketika virus corona menyebar ke berbagai negara. Negara itu mengklaim bebas kasus Covid-19, walau sejumlah pakar menilai pernyataan itu tidak sahih.

Kim Jong-un berkata, ia telah menganalisa program gawat darurat anti-pandemi yang berlangsung selama enam bulan.

Menurut Kim, pencapaian itu didapatkan oleh kepimpinan Partai Buruh Korea Utara `yang memiliki visi jauh ke masa depan`.

Namun Kim menekankan pentingnya meneruskan `peringatan dini maksimal tanpa mengendurkan proyek anti-pandemi`. Ia berkata, virus corona masih tersebar di negara-negara sekitar Korut.

"Kim berulang kali memperingatkan bahwa, pelonggaran tergesa-gesa prosedur anti-pandemi akan mengakibatkan krisis yang tak terbayangkan dan tidak dapat ditanggulangi," tulis KCNA dalam laporan mereka.

korut
Reuters
Warga Kota Pyongyang memakai masker, pada Maret lalu.

 


Analisis Laura Bicker

Koresponden BBC di Seoul, Korea Selatan

Apakah virus corona sudah menyebar ke Korea Utara? Tidak ada yang tahu. Negara ini telah ditutup sejak 30 Januari. Sangat sedikit orang yang berhasil masuk atau keluar Korut.

Saksikan Juga

Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia

TVONE NEWS - 4 bulan lalu
loading...