Peneliti Peringatkan: Waspada Mutasi Virus Corona Bisa Lebih Menular
Sabtu, 4 Juli 2020 | 08:32 WIB

Peneliti Peringatkan: Waspada Mutasi Virus Corona Bisa Lebih Menular

Virus COVID-19 telah meningkatkan kemampuannya menginfeksi sel manusia
Virus corona COVID-19
Photo :
  • pixabay

Virus corona COVID-19

VIVA – Pandemi wabah virus corona hingga kini masih menghantui masyarakat dunia. Bahkan informasi terbaru mengungkap, mutasi coronavirus atau COVID-19 yang baru  bisa lebih menular. Para peneliti memperingatkan hal ini dan mutasi virus ini adala jenis yang paling umum. 

Dikutip laman Metro, para peneliti dari Los Alamos National Laboratory, Duke University dan University of Sheffield mengatakan, virus COVID-19 telah meningkatkan kemampuannya untuk masuk dan menginfeksi sel manusia sejak pertama kali ditemukan tahun lalu. Mereka meyakini, strain ini mampu menyebar lebih mudah. Namun untungnya, tidak menyebabkan bentuk penyakit yang lebih parah.  Diungkapkan pula oleh para peneliti ini, 11 juta orang di seluruh dunia dipastikan telah terkena coronavirus, menurut angka dari Johns Hopkins University.

Para peneliti percaya, strain ini lebih memungkinkan untuk menginfeksi manusia dengan lebih mudah. Para ilmuwan juga  sampai pada kesimpulan, setelah menganalisa data viral melalui database GISAID (institusi yang dikembangkan Pemerintah Jerman dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk mempelajari data genetika), termasuk puluhan ribu rangkaian virus yang menunjukkan bagaimana virus tersebut berevolusi dari waktu ke waktu di seluruh dunia. 

Baca Juga: Ngintip Daleman Rok Wanita di Jerman Bisa Dibui 2 Tahun