Perjanjian Ekonomi Indonesia-Australia Resmi Berlaku Pekan Ini

Kerjasama Indonesia dan Australia
Sumber :
  • http://www.cicak2.com.au

VIVA – Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia atau IA-CEPA, secara resmi mulai berlaku minggu ini. Kerja sama ekonomi ini akan membawa peluang baru dalam perdagangan dan investasi bagi kedua negara.

Bangkit di Era Baru Inovasi

Menteri Perdagangan Australia, Simon Birmingham, mengatakan IA-CEPA menjadi peluang utama untuk perekonomian di babak baru dengan Indonesia sebagai negara tetangga. Diharapkan kemitraan ini membantu mempererat kemitraan kedua negara.

"Meningkatkan ikatan ekonomi antara kedua negara kita akan menciptakan peluang perdagangan yang baru bagi bisnis Australia dan Indonesia, mendorong investasi dua arah dan meningkatkan kemakmuran kedua negara kita," kata Birmingham, dalam keterangan resmi Kedutaan Besar Australia di Jakarta kepada VIVA.

Perusahaan Pertambangan Batubara Ini Bakal Perkuat Posisinya di Negeri Tirai Bambu

Di bawah kemitraan IA-CEPA, Australia akan segera menghapus semua tarif impor Indonesia ke Australia, termasuk kendaraan bermotor listrik. Perjanjian ini juga menciptakan peluang untuk investasi Australia yang lebih besar di sektor kesehatan, pariwisata, telekomunikasi, layanan logistik di Indonesia.

Nantinya setelah perjalanan internasional kembali dibuka, masyarakat Indonesia juga bisa berkunjung ke Australia untuk meningkatkan keterampilan lewat program pertukaran profesional dan program pelatihan berbasis tempat kerja.

Raksasa Dunia! Ini 10 Negara Terluas yang Menakjubkan

Beberapa bidang yang tersedia antara lain pendidikan, pariwisata, telekomunikasi, pembangunan infrastruktur, kesehatan, energi, pertambangan, jasa keuangan dan ekonomi digital.
 

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Sidang Perselisihan Pilpres 2024

Mahfud Sebut Pembatalan Pemilu Bukan Mustahil, Contohnya Terjadi di Australia dan Ukrania

Mahfud MD menyinggung MK sebagai lembaga yang bisa beri warna progresif bagi perkembangan hukum di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024