Perjanjian Ekonomi Indonesia-Australia Resmi Berlaku Pekan Ini

Kerjasama Indonesia dan Australia
Sumber :
  • http://www.cicak2.com.au

VIVA – Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia atau IA-CEPA, secara resmi mulai berlaku minggu ini. Kerja sama ekonomi ini akan membawa peluang baru dalam perdagangan dan investasi bagi kedua negara.

Uskup Sydney yang Ditikam Maafkan Penyerangnya: Saya Selalu Mendoakanmu

Menteri Perdagangan Australia, Simon Birmingham, mengatakan IA-CEPA menjadi peluang utama untuk perekonomian di babak baru dengan Indonesia sebagai negara tetangga. Diharapkan kemitraan ini membantu mempererat kemitraan kedua negara.

"Meningkatkan ikatan ekonomi antara kedua negara kita akan menciptakan peluang perdagangan yang baru bagi bisnis Australia dan Indonesia, mendorong investasi dua arah dan meningkatkan kemakmuran kedua negara kita," kata Birmingham, dalam keterangan resmi Kedutaan Besar Australia di Jakarta kepada VIVA.

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Di bawah kemitraan IA-CEPA, Australia akan segera menghapus semua tarif impor Indonesia ke Australia, termasuk kendaraan bermotor listrik. Perjanjian ini juga menciptakan peluang untuk investasi Australia yang lebih besar di sektor kesehatan, pariwisata, telekomunikasi, layanan logistik di Indonesia.

Nantinya setelah perjalanan internasional kembali dibuka, masyarakat Indonesia juga bisa berkunjung ke Australia untuk meningkatkan keterampilan lewat program pertukaran profesional dan program pelatihan berbasis tempat kerja.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Beberapa bidang yang tersedia antara lain pendidikan, pariwisata, telekomunikasi, pembangunan infrastruktur, kesehatan, energi, pertambangan, jasa keuangan dan ekonomi digital.
 

Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Hancurkan Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Australia dengan skor 1-0 dalam Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah Bin Nasser pada Kamis malam kemarin, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024