Logo BBC

China Tuding Inggris Campur Tangan soal Hong Kong

Undang-undang baru ini memberi kekuatan Beijing yang belum pernah dimiliki sebelumnya untuk membentuk kehidupan di Hong Kong.-AFP
Undang-undang baru ini memberi kekuatan Beijing yang belum pernah dimiliki sebelumnya untuk membentuk kehidupan di Hong Kong.-AFP
Sumber :
  • bbc

Duta besar China untuk Inggris, Liu Xiaoming, menuduh pemerintah Inggris melakukan manipulasi politik, setelah menawarkan jalur kewarganegaraan kepada tiga juta penduduk Hong Kong.

Liu mengatakan langkah Inggris adalah bentuk campur tangan terhadap urusan dalam negeri China. Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab menolak tudingan tersebut.

Penentang undang-undang baru itu mengatakan regulasi tersebut mengikis kebebasan Hong Kong sebagai wilayah semi-otonom.

Sebelumnya, aktivis pro-demokrasi Hong Kong Joshua Wong mengeluarkan permohonan agar dunia turut dalam solidaritas bersama Hong Kong.

Duta besar Liu berharap Inggris akan mempertimbangkan kembali tawaran kewarganegarannya.

"Pemerintah Inggris terus saja membuat pernyataaan yang tak bertanggung jawab atas urusan Hong Kong," ujarnya dalam konferensi pers virtual.


Liu juga memperingatkan Inggris bahwa jika mereka memutuskan untuk tidak menggunakan raksasa teknologi China, Huawei untuk membangun jaringan 5G, ini akan mengirim "pesan yang sangat buruk untuk bisnis China lainnya".

Inggris berargumen bahwa China telah mengingkari perjanjian yang mulai berlaku pada 1997, yang menawarkan kebebasan tertentu bagi Hong Kong selama 50 tahun sebagai imbalan penyerahan wilayah itu ke Beijing.