Logo ABC

Corona Masih Bermunculan, Melbourne Lockdown Lagi 6 Minggu

Petugas kesehatan terlihat di layananan pengetesan COVID-19 drive-thru di Keilor, Melbourne, Rabu, 1 Juli 2020.
Petugas kesehatan terlihat di layananan pengetesan COVID-19 drive-thru di Keilor, Melbourne, Rabu, 1 Juli 2020.
Sumber :
  • abc

Pemerintah Victoria mengumumkan kembali diberlakukannya lockdown selama enam minggu di seluruh kawasan Melbourne, yang telah mengejutkan dan tak diduga oleh warganya.

Metropolitan Melbourne dan Mitchell Shire kembali ke pembatasan tahap tiga mulai pergantian hari Kamis. Para ilmuwan mengatakan durasi enam minggu akan memberi kesempatan untuk tidak ada penularan lagi. Virus corona diketahui memiliki tiga siklus hidup virus, yang dalam satu siklusnya dapat hidup hingga 14 hari.

Premier Daniel Andrews, yang memimpin negara bagian Victoria, mengakui pihak berwenang bisa saja memutuskan waktu yang lebih pendek tetapi pada akhirnya siklus hidup virus yang menentukan keputusan untuk menutup Melbourne dan Mitchell Shire selama enam minggu penuh.

"Siklus hidup virus ini adalah 14 hari," katanya.

"Enam minggu berarti setara dengan tiga kali siklus virus ini."

Enam minggu lockdown akan memungkinkan jeda waktu antara setelah tertular virus hingga dinyatakan positif setelah dites, menurut dokter ahli penyakit menular, Trent Yarwood.

A map of Metropolitan Melbourne and the Mitchell Shire. Metropolitan Melbourne and the Mitchell Shire will be subject to stage-three lockdown restrictions from July 9.

ABC News: Jarrod Fankhauser

"Kita selama ini berpikir masa inkubasi bagi kebanyakan orang adalah kurang dari satu minggu, tetapi pedoman kesehatan masyarakat mengatakan harus mempertimbangkan kemungkinan terpapar sampai dua minggu," kata dr Trent.