China Serukan Perdamaian dengan Amerika Serikat
Kamis, 9 Juli 2020 | 16:48 WIB

China Serukan Perdamaian dengan Amerika Serikat

China mengajak AS untuk bekerja sama dalam pengendalian COVDI-19.
Ilustrasi perang dagang AS-China.
Photo :
  • UK Investor Magazine

Ilustrasi perang dagang AS-China.

VIVA – Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, menyerukan perdamaian antara China dan Amerika Serikat, usai meningkatkan konfrontasi kedua negara yang membuat hubungan mereka dalam bahaya paling serius selama empat dekade terakhir.

Mengutip South China Morning Post, Menlu Wang menjadi pejabat paling senior yang dalam beberapa bulan terakhir terus menyuarakan pesan positif. Dia menegaskan bahwa China tidak akan menggeser AS sebagai negara adidaya.

"Yang mengkhawatirkan adalah bahwa hubungan China-AS adalah salah satu hubungan bilateral paling penting di dunia, tetapi menghadapi tantangan paling serius sejak pembentukan hubungan diplomatik (pada 1979)," kata Wang dalam sebuah pidato di Beijing pada Kamis 9 Juli 2020. "Kebijakan China terhadap AS belum berubah, dan kami masih ingin mengembangkan hubungan China-AS dengan tulus," ucapnya.

Baca Juga: 5 Aksi Joget TikTok Vanessa Angel Jelang Persalinan, Netizen: Ngiluu

Wang juga mengatakan, kedua negara membutuhkan lebih banyak dialog untuk mencegah hal yang lebih buruk. China, menurutnya, siap untuk melanjutkan pembicaraan yang ditunda selama AS bersedia.

"Hanya melalui pertukaran pendapat kita bisa menghentikan kebohongan, dan hanya melalui dialog kita dapat menghindari salah paham," ujarnya.