VIDEO: Aksi Heroik Eks Atlet Selamatkan Balita saat Apartemen Terbakar

Aksi heroik eks pesepakbola tangkap balita terjun dari atas rumah yang kebakaran
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Satu momen dramatis terekam dalam video yang menunjukkan aksi heroik seorang pria saat terbakarnya sebuah apartemen di Arizona, Amerika Serikat. Peristiwa yang terjadi awal bulan ini pun menjadi viral di media sosial dan pemberitaan.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Adalah seorang pensiunan Angkatan Laut AS yang juga eks atlet American Football, Phillip Blanks, yang berhasil menyelamatkan balita dari balkon lantai 3 itu.

Pria 28 tahun tersebut mendengar seseorang tiba-tiba berteriak ada api dan dia berlari di luar tanpa alas kaki yang menyaksikan seorang ibu dan putranya terperangkap di teras apartemen mereka yang terbakar.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

Baca juga: Hati-hati, Menipu Via Pesan Singkat Bisa Dipidana Penjara 20 Tahun

Ibu berusia 30 tahun itu diliputi kobaran api, dan beberapa saat kemudian dia melemparkan putranya, Jamison, ke balkon.

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

"Dia berputar-putar di udara seperti baling-baling," ungkap Blanks kepada WABC.

"Aku baru saja melakukan yang terbaik. Kepalanya mendarat dengan sempurna di sikuku. Pergelangan kakinya bengkok saat aku melompat menjangkaunya,” jelasnya.

"Pria yang ada di sana bersamaku, sepertinya dia tidak akan menangkapnya. Jadi itu sebabnya aku lari meraih anak itu. Aku hanya ingin membuat tangkapan yang lebih baik," ujar Blanks.

Baca juga: Keren, PLN Jadi Perusahaan Listrik Terbaik Asia Tenggara dan Selatan

Saat itulah Blanks menggunakan bakat atletisnya dan terjun untuk menangkap bocah berusia tiga tahun itu.

"Naluri. Tidak banyak berpikir. Aku hanya bereaksi. Aku hanya melakukannya," katanya.

Blanks memuji keahliannya dalam mengambil keputusan karena didikan altruistik dan waktunya bermain American Football di Saddleback College di California.

"Aku tahu cara menangkap. Saya belajar bagaimana cara menangkap bola. Jadi saya akan sangat terbantu dengan skill American Football itu," kata Blanks.

Baca juga: Lion Air Bakal Laporkan ke Polisi Penyebar Rapid Test Hoax di Medsos

Sayangnya, ibu dari balita itu, Rachel Long, tak bisa diselamatkan dan temukan tewas terbakar oleh petugas pemadam kebakaran.

Menurut GoFund Me, Rachel meninggal tragis setelah kembali masuk ke apartemen yang terbakar untuk menyelamatkan putrinya, Roxanne.

"Para saksi mata menyatakan bahwa Rahel terbakar pada waktu itu, tetapi alih-alih melompat ke tempat yang aman, dia kembali untuk putrinya Roxanne, dan sayangnya, tidak kembali," jelas kronologi versi GoFundMe. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya