Logo DW

Rusia Dituduh Mencoba Intervensi Pemilu 2019 di Inggris

picture-alliance/Photoshot/UPPA/Avalon/J. Ng
picture-alliance/Photoshot/UPPA/Avalon/J. Ng
Sumber :
  • dw

Pemerintah Inggris mengatakan hari Kamis (16/7) bahwa Rusia berusaha untuk ikut campur dalam pemilihan umum 2019, antara lain dengan mencuri dokumen sensitif tentang perjanjian perdagangan bebas yang direncanakan Inggris dan AS dan membocorkannya secara online.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab (foto artikel) mengatakan, penyelidikan pemerintah menemukan bahwa "aktor-aktor Rusia" berulang kali mencoba mengganggu pemilihan bulan Desember lalu.

"Hampir dapat dipastikan bahwa para aktor Rusia berusaha untuk ikut campur dalam Pemilu 2019 melalui penyebaran online dokumen-dokumen pemerintah yang diperoleh secara ilegal dan dibocorkan," kata Dominic Raab.

"Dokumen-dokumen pemerintah yang sensitif terkait dengan Perjanjian Perdagangan Bebas Inggris-AS diperoleh secara ilegal sebelum Pemilihan Umum 2019, dan disebarkan secara online melalui platform media sosial Reddit," tambahnya.

Komisi Intelijen dan Keamanan di parlemen Inggris mengatakan akan merilis laporan yang telah lama ditunggu tentang dugaan intervensi Rusia itu sebelum parlemen memasuki liburan musim panas minggu depan.

Komisi mengatakan laporan itu tidak dapat dipublikasikan tahun lalu karena saat itu Perdana Menteri Boris Johnson menolak persetujuannya menjelang pelaksanaan pemilihan umum. Laporan Komisi Intelijen dan Keamanan memang baru dapat dirilis setelah mendapat persetujuan pemerintah.

Rusia bantah dan sebut tuduhan campuri pemilu 'tidak berdasar'