Logo DW

Uni Eropa Sepakat Dana Pemulihan Pandemi COVID-19 Rp30 Ribu Triliun

Reuters/Pool/J. Thys
Reuters/Pool/J. Thys
Sumber :
  • dw

Para pemimpin Uni Eropa (UE) pada Selasa (21/07) pagi akhirnya menyepakati dana bantuan untuk pemulihan ekonomi sebesar €1,8 triliun atau sekitar Rp30 ribu triliun. Dana bernilai fantastis ini belum pernah dianggarkan sebelumnya dan bertujuan untuk membantu negara-negara anggota UE yang mengalami kejatuhan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Paket bantuan ekonomi itu termasuk dana sebesar €750 miliar atau sekitar Rp12 ribu triliun yang akan dikirim sebagai dana pinjaman dan hibah, serta dana €1 triliun atau sekitar Rp17 ribu triliun yang memang dimiliki Uni Eropa dalam anggaran periode 2021 hingga 2027.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel mencuitkan pesan singkat lewat akun Twitternya bertuliskan “Setuju!”, beberapa menit setelah para pemimpin mencapai kesepakatan terkait bantuan dana tersebut.

"Kami berhasil. Eropa kuat, Eropa bersatu. Ini kesepakatan bagus, ini kesepakatan kuat dan yang paling penting ini adalah kesepakatan yang tepat untuk Eropa saat ini," kata Michel.

"Saya percaya perjanjian ini akan dipandang sebagai momen penting untuk perjalanan Eropa."

Kesepakatan tersebut tercapai setelah lebih dari empat hari berturut-turut para pemimpin terlibat dalam perdebatan tak berujung. Bahkan, pembicaraan tersebut bisa berlangsung hingga dini hari.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen berterima kasih kepada Kanselir Jerman Angela Merkel karena telah membantu "mengarahkan" proses negosiasi yang akhirnya menjadi solusi bagi Uni Eropa.