Logo BBC

Kriminalitas AS Naik, Trump Kirim Pasukan Keamanan di Basis Demokrat

Pasukan keamanan federal di Portland.-Getty Images
Pasukan keamanan federal di Portland.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Presiden Donald Trump segera mengerahkan "secara gelombang" pasukan keamanan federal ke kota-kota Amerika Serikat untuk menumpas aksi kriminalitas.

Chicago dan dua kota lain, yang merupakan basis pendukung Partai Demokrat, menjadi sasaran penyebaran pasukan presiden yang berasal dari Partai Republik ini, di tengah meningkatnya aksi kekerasan di sana.

Tapi penempatan pasukan keamanan di Portland, Oregon, terbukti menimbulkan kontroversi. Pejabat setempat mengatakan pengerahan pasukan ini telah meningkatkan ketegangan di tengah aksi unjuk rasa terkait `Black Lives Matter" yang masih berlangsung.

Hukum dan Ketertiban menjadi kunci bagi Trump untuk kembali bertarung di pemilihan presiden AS November mendatang.

Seperti diketahui, kematian warga Afrika-Amerika, George Floyd dalam tahanan polisi di Minneapolis, Minnesota, telah memicu unjuk rasa - terkadang menimbulkan kerusuhan sipil - di sejumlah kota Amerika.

Sementara itu, aksi kekerasan menggunakan senjata api juga meningkat di kota metropolitan, termasuk Kota New York, Philadelphia, Los Angeles, Chicago dan Milwaukee.

President Donald Trump speaks during a roundtable in the State Dining Room of the White House May 18
Getty Images
Presiden Donald Trump, suara pendukungnnya terus melorot merujuk dari sejumlah jajak pendapat.

Apa itu `Operation Legend`?

`Operation Legend` adalah operasi pasukan bersenjata yang terinspirasi dari kasus kematian seorang anak laki-laki pada Juni lalu.