Ternyata Kucing Hewan Pertama yang Positif COVID-19

Ilustrasi kucing
Sumber :
  • Twitter @StreetCatBob

VIVA – Pemerintah Inggris mengeluarkan pengumuman yang mengagetkan terkait masih maraknya penyebaran virus Corona COVID-19. Fakta terbaru diungkap bahwa kucing menjadi binatang pertama yang terindentifikasi Corona COVID-19 di Inggris.

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Seperti diberitakan Standard.co.uk, Senin 27 Juli 2020, seekor kucing telah diperiksa setelah sebelumnya tampak juga kesulitan bernafas. Terlebih sang pemilik juga dinyatakan positif sebelumnya. Dan dari hasil tes, kucing tersebut ternyata positif COVID-19.

Kabar terakhir, kini kondisi kucing dan pemiliknya telah membaik. Kucing juga langsung mendapat perawatan dari para peneliti di Inggris setelah pada 22 Juli 2020 lalu menjalani serangkaian tes di laboratorium Animal and Plant Health Agency (APHA).

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan peliharaan secara langsung menularkan virus kepada manusia. Kami akan terus memantau situasi ini dengan seksama dan akan memperbarui panduan kami kepada pemilik hewan peliharaan jika situasinya berubah," kata Chief Veterinary Officer Christine Middlemiss.

Gli, kucing penghuni Hagia Sophia

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

Ya, meski belum ada bukti kuat namun pejabat kesehatan hewan di Inggris tetap mewanti-wanti bagi para pemilik hewan kesayangan untuk tetap waspada. Termasuk dengan tetap menjaga kebersihan hewan kesayangan serta memantaunya selalu.

Menurut Yvonne Doyle, Medical Director di Public Health England, kasus hewan pertama yang terinfeksi virus ini termasuk langka namun hingga saat ini penularan baru bisa terjadi dari manusia ke hewan.
 

Kucing (ilustrasi)

Di Kanada Peluk Kucing Digaji Rp 100 Juta, Minat Daftar?

Usut punya usut, ternyata adanya informasi terkait lowongan pekerjaan ini pun ternyata menjadi salah satu sebuah bentuk kampanye untuk membantu tempat penampungan kucing.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024