Sekolah Misbar di Tengah Pandemi COVID-19 Bisa jadi Solusi
Sekolah Misbar di Tengah Pandemi COVID-19 Bisa jadi Solusi
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-bbc.jpg?v=8.7.24

Sekolah Misbar di Tengah Pandemi COVID-19 Bisa jadi Solusi

Selasa, 4 Agustus 2020 | 17:20 WIB
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/08/04/5f293594c7b60-sekolah-di-tengah-pandemi-covid-19-sekolah-misbar-jadi-solusi-di-tengah-lockdown_663_382.jpg
Photo :
  • bbc

BBC Indonesia

Sekolah-sekolah di India kesulitan melakukan proses belajar-mengajar secara online saat pandemi memaksa mereka untuk tutup. Tapi sebuah kota di Kashmir yang dikelola India menemukan solusi baru, lapor Abid Bhat.

Setiap pagi, para siswa di Doodpathri, sebuah kota di distrik Budgam, berjalan melewati sungai dan jembatan, lalu menaiki bukit ke ruang kelas mereka yang baru: tempat terbuka yang indah berlatar belakang Himalaya yang tertutup salju.

Sekolah tanpa atap membuat orang tua dan anak-anak bisa bernapas lega setelah berbulan-bulan menjalani lockdown untuk menekan infeksi Covid-19. Negara bagian itu telah melaporkan lebih dari 19.000 kasus dan sekitar 365 kematian.

Two girls during class.
BBC

 

"Jauh lebih baik anak-anak kita bersekolah di sekolah itu daripada bosan di rumah, tempat mereka seringkali menjadi frustrasi," kata Mushtaq Ahmad, yang putranya bersekolah di sekolah terbuka.

Para pejabat harus berkolaborasi dengan penduduk setempat untuk mendirikan lebih banyak sekolah seperti itu, imbuhnya.

Students walking to school on a bridge in Kashmir.
BBC

 

Kendati hubungan Kashmir yang bermasalah dengan India - dan momok kekerasan yang menghantui lembah itu - kawasan ini telah lama menjadi tujuan wisata populer karena keindahannya.

Dan Doodpathri sendiri adalah bukit yang terkenal. Tapi karena tidak ada wisatawan yang berkunjung pada musim panas ini, penduduk setempat meminta para pejabat untuk menggunakan berbagai tempat wisata di daerah itu untuk keperluan lain.

A boy reads a book during a class in the outdoors.
BBC

Saksikan Juga