Fakta-fakta Terungkap di Balik Ledakan Super Dahsyat Beirut Lebanon
Fakta-fakta Terungkap di Balik Ledakan Super Dahsyat Beirut Lebanon
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-bbc.jpg?v=8.7.22

Fakta-fakta Terungkap di Balik Ledakan Super Dahsyat Beirut Lebanon

Kamis, 6 Agustus 2020 | 17:00 WIB
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/08/06/5f2bd25f34d78-lebanon-yang-diketahui-sejauh-ini-soal-ledakan-beirut_663_382.jpg
Photo :
  • bbc

BBC Indonesia

Para petugas SAR Lebanon masih berupaya menyisir reruntuhan untuk mencari penyintas di sekitar lokasi ledakan yang menewaskan sedikitnya 135 orang dan mencederai lebih dari 5.000 lainnya di Beirut.

Berikut yang kami ketahui sejauh ini

Ledakan hebat di Beirut
BBC

 

Apa yang terjadi?

Beberapa laporan menyebutkan adanya ledakan di kawasan pelabuhan sekitar pukul 18.00 waktu setempat (22.00 WIB), diikuti dengan kebakaran dan sejumlah letupan kecil yang menurut beberapa saksi mata terdengar seperti bunyi petasan.

Video-video yang diunggah ke media sosial memperlihatkan kepulan asap putih dari sebuah gudang di sebelah tempat penyimpanan biji-bijian di pelabuhan sebelum terjadi ledakan dahsyat yang menimbulkan bola api dan gelombang kejut supersonik berbentuk jamur yang dirasakan seluruh penduduk kota.

Ledakan kedua itu meratakan gedung-gedung dekat pelabuhan dan menyebabkan kerusakan parah di penjuru kota, dengan dua juta penduduk. Berbagai rumah sakit dengan cepat kewalahan menangani pasien.

"Yang kami saksikan adalah malapetaka besar," kata Kepala Palang Merah Lebanon, George Kettani. "Ada banyak korban di mana-mana."

Gubernur Beirut, Marwan Abboud, mengatakan sebanyak 300.000 orang menjadi tunawisma untuk sementara dan jumlah kerugian kolektif diprediksi mencapai Rp145 triliun sampai Rp218 triliun.

Ledakan hebat di Beirut
BBC

 


 

Seberapa besar ledakannya?

 

Para pakar belum bisa menentukan ukuran gelombang kejut yang melanda Beirut. Namun, sebagai gambaran, gelombang tersebut meluluh lantakkan kaca-kaca terminal penumpang Bandara Internasional Beirut yang berjarak 9 km dari pelabuhan.

Saksikan Juga