Terungkap, Penyebab Ledakan Besar di Beirut Lebanon

Awan berbentuk jamur akibat ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon.
Sumber :
  • sciencealert.com

VIVA - Ledakan super besar mengguncang Kota Beirut, Lebanon, pada Selasa, 4 Agustus 2020, lalu. Peristiwa tersebut mengakibatkan ratusan orang tewas, dan ribuan lainnya luka-luka.

Kemenkeu, Kemenhub, Kemenkes, dan Bank Mandiri Berkolaborasi Pangkas Transaksi di Pelabuhan

Dikutip dari laman Independent, Jumat, 7 Agustus 2020, Presiden Lebanon, Michel Aoun, mengatakan bahwa ledakan itu disebabkan oleh 2.750 ton amonium nitrat, yang telah disimpan dengan tidak aman di gudang pelabuhan sejak disita dari kapal kargo pada 2013.

Atas kejadian tersebut, pihak berwenang Lebanon menangkap 16 orang. Sejauh ini, mereka sudah memeriksa lebih dari 18 petugas pelabuhan dan bea cukai serta individu yang bertanggung jawab atau terlibat dalam pemeliharaan gudang yang menampung bahan yang sangat mudah meledak.

Jadwal Operasional Pelabuhan di Banten Periode Mudik Idul Fitri 2024

Bank Sentral Lebanon juga memerintahkan pembekuan rekening Kepala Pelabuhan Beirut, Hassan Koraytem, Direktur Jenderal Bea Cukai Lebanon, Badri Daher, dan lima orang lainnya. Keputusan itu akan diedarkan ke semua bank dan lembaga keuangan di negara tersebut.

Tak hanya itu, dilaporkan bahwa Jaksa Ghassan Oueidat juga memerintahkan pelarangan perjalanan pada tujuh orang tersebut.

Jokowi Senang Pelabuhan Wani dan Pantoloan Berdiri Kokoh Lagi Usai Diguncang Tsunami Palu 2018
VIVA Militer: Serangan roket Katyusha milisi Hizbullah Lebanon

Hizbullah Hujani Israel Puluhan Roket usai 7 Paramedis Lebanon Tewas

Serangan udara Israel terhadap pusat paramedis kelompok Muslim di Lebanon selatan menewaskan tujuh pekerja dan memicu serangan roket balasan di Israel utara.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024