Fakta Baru, Presiden Lebanon Tahu Bahan Kimia Ada di Pelabuhan Beirut

Ledakan Besar
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Presiden Lebanon Michel Aoun ternyata mengetahui persediaan bahan kimia yang sangat mudah meledak dan disimpan di pelabuhan Beirut. Presiden Lebanon mengetahui hal itu hampir tiga pekan sebelum ledakan mengerikan yang menewaskan 154 orang itu.

Tidak Hanya di Rusia, Ada Deretan Jejak ISIS dalam Aksi Teror di Indonesia

Michel Aoun mengungkapkan, dia mengetahui tentang penyimpanan 2.750 ton amonium nitrat sejak 20 Juli 2020. Namun, dia telah memerintahkan pejabat terkait untuk menangani masalah tersebut, sehingga tragedi ledakan itu bukan salahnya.

Bahan kimia itu disimpan di gudang sejak 2014, setelah disita dari sebuah kapal kargo. Namun, Aoun menegaskan dia tidak memiliki kewenangan untuk berurusan langsung dengan pelabuhan tersebut.

Prajurit TNI Pasukan Perdamaian di Lebanon Masih Waspadai Bom sampai Serangan Drone

"Ada jajaran yang harus tahu tugasnya, dan semuanya sudah diinformasikan. Ketika Anda merujuk pada sebuah dokumen dan berkata 'Lakukan apa yang dibutuhkan', bukankah itu sebuah perintah," kata Aoun, seperti dilansir The Sun, Senin 10 Agustus 2020.

Baca juga: Testimoni Mahasiswa Indonesia Suasana Ngeri Ledakan Beirut Lebanon

Serangan Bom Israel Tewaskan Striker '114 Gol' Klub Palestina

Terungkap bahwa para pejabat terkait sebenarnya telah memperingatkan mengenai bahaya bahan kimia itu setidaknya sebanyak 10 kali selama tujuh tahun terakhir. Bahkan, telah ada peringatan bahwa bahan kimia itu bisa meledakkan seluruh kota Beirut. Namun, Aoun yang memimpin Beirut sejak 2016 justru menyalahkan presiden sebelumnya atas bencana tersebut.

"Materi itu sudah ada selama tujuh tahun sejak 2013. Sudah ada di sana dan mereka mengatakan itu berbahaya dan saya tidak bertanggung jawab. Saya tidak tahu di mana tempatnya. Saya bahkan tidak tahu tingkat bahayanya. Saya tidak punya kewenangan untuk menangani langsung pelabuhan itu," ungkap Aoun. (art)

Bom peninggalan perang dunia ke II saat hendak diledakkan

Bom Temuan Bekas Perang Dunia II Diledakkan di Lanud Silas Papare

Pangkalan TNI Angkata Udara Lanud Silas Papare meledakkan satu unti bom peninggalan dari Perang Dunia II di Hollandian Drome Lanud Silas Papare. pada Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024