Logo ABC

Terungkap Keterlibatan Pejabat Kota Sydney dengan Partai Komunis China

Walikota Sydney Clover Moore (kiri) bersama pejabat Pemkot Robert Kok dalam suatu kegiatan menyambut tahun baru China di Sydney.
Walikota Sydney Clover Moore (kiri) bersama pejabat Pemkot Robert Kok dalam suatu kegiatan menyambut tahun baru China di Sydney.
Sumber :
  • abc

Robert Kok, seorang pejabat Pemerintah Kota Sydney, Australia mengakui keterlibatannya dalam sebuah organisasi yang disebut-sebut terkait dengan Partai Komunis China (PKC).

Pejabat Sydney Terlibat PKC Robert Kok terlibat dalam organisasi bernama Australia Council for Promotion of Peaceful Reunification. Organisasi ini aktif mempromosikan unifikasi China dan Taiwan serta perdamaian di Asia Pasifik. Namun Robert Kok menyatakan keterlibatannya dalam organisasi ini bersifat terbatas dan hanya jabatan kehormatan.

Pengakuan ini tertuang dalam laporan Daftar Kepentingan atau Register of Interests yang harus didaftarkan secara tertulis jika seseorang menduduki jabatan publik di Australia.

Robert pernah menjadi Wakil Wali Kota Sydney dan kini menjabat sebagai salah satu councillor. Ia terbilang sudah cukup lama menjadi pejabat di Pemkot Sydney.

Dalam laporan "Daftar Kepentingan" yang dia sampaikan pada bulan September 2019, Robert menyebutkan keterlibatannya dengan lembaga Australia Council for Promotion of Peaceful Reunification (ACPPRC).

ACPPRC merupakan organisasi yang pernah diketuai oleh pengusaha asal China dan donatur politik di Australia bernama Huang Xiangmo.

Organisasi ini aktif mempromosikan reunifikasi di seluruh Selat Taiwan serta membangun perdamaian di seluruh Asia Pasifik, namun sejumlah kalangan menyebutnya sebagai beroperasi untuk kepentingan-kepentingan Beijing.