Logo ABC

Pemotongan Sapi Qurban di Aceh Dicap Tak Manusiawi, Disorot Australia

Rekaman yang tidak disebarkan untuk umum menunjukkan ternak sapi itu digorok lehernya tanpa dimatikan dengan kejutan listrik terlebih dahulu.
Rekaman yang tidak disebarkan untuk umum menunjukkan ternak sapi itu digorok lehernya tanpa dimatikan dengan kejutan listrik terlebih dahulu.
Sumber :
  • abc

Sebuah tayangan video yang menunjukkan penanganan ternak sapi asal Australia yang dipotong di dua rumah pemotongan hewan di Indonesia kembali menjadi sorotan di Australia.

Pemotongan hewan di Indonesia

Departemen Pertanian Australia menerima rekaman pemotongan hewan tidak manusiawi di Indonesia. Pengusaha melacak hewan ternak yang dipotong dan sudah menghentikan sementara pengiriman ternak ke tempat pemotongan di Aceh. Animals Australia menyesalkan praktik yang pernah terungkap di tahun 2011 masih digunakan.

Sebuah LSM bernama Animals Australia telah melayangkan surat protes kepada Departemen Pertanian, Air dan Lingkungan Australia (DAWE), Jumat kemarin (6/08).

Dalam surat itu juga disertai rekaman video mengenai adanya pemotongan hewan dengan cara-cara yang tidak manusiawi yang dilakukan di rumah pemotongan yang sudah memiliki lisensi yang berada di Aceh tersebut.

Menurut Animals Australia, rekaman itu terjadi saat pemotongan hewan selama Hari Raya Idul Adha, 30 Juli lalu.

Dalam pernyataannya kepada ABC, CEO Animals Australia Glenys Oogjes mengatakan tata cara pemotongan "sangatlah mengkhawatirkan", seperti yang sudah pernah diungkapkan di tahun 2011.