Sejumlah Kuil Hindu di India Dibangun dan Dilindungi Penguasa Muslim
Sejumlah Kuil Hindu di India Dibangun dan Dilindungi Penguasa Muslim
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-republika.png?v=8.7.22

Sejumlah Kuil Hindu di India Dibangun dan Dilindungi Penguasa Muslim

Jumat, 14 Agustus 2020 | 06:55 WIB
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/08/14/5f35d1c00b392-sejumlah-kuil-hindu-di-india-dibangun-penguasa-muslim_663_382.jpg
Photo :
    republika

Source : Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cara kelompok nasionalis Hindu atau kelompok sayap kanan di India menghimpun kekuatan adalah dengan menjelek-jelekkan para penguasa Muslim di India pada masa pra-kolonial. Padahal, sejarah mencatat betapa besarnya kontribusi para pemimpin Muslim dalam melindungi dan memperkuat Hindu di negeri itu.

Kebangkitan nasionalisme Hindu, yang dimotori oleh Perdana Menteri Narendra Modi, kini menyerang peninggalan para pemimpin Muslim di India. Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa diketahui telah menghapus nama dan kontribusi raja Muslim dari buku teks sekolah, jalan, dan tempat penting.

Kelompok-kelompok nasionalis Hindu, seperti BJP dan mentor ideologisnya Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS), sangat membenci Kekaisaran Mughal dan para pendahulu Muslimnya. Kelompok-kelompok itu menganggap kekaisaran Mughal telah menjajah India selama berabad-abad.

Melansir laporan media Turki, TRT World, Kamis (13/8), disebutkan setiap pemimpin yang berasal dari BJP selalu memakai narasi penjajahan oleh Kekaisaran Mughal itu untuk menguatkan posisi politiknya. Lebih jauh, bahkan organisasi yang sangat fanatik kerap menyebarkan doktrin kepada umat Hindu bahwa penguasa Muslim adalah perusak kuil.

Kontribusi Penguasa Muslim

Saksikan Juga