Kepala Bea Cukai Lebanon Ditangkap Terkait Ledakan di Beirut

VIVA Militer: Kepala Otoritas Bea Cukai Lebanon, Badri Daher
Sumber :
  • Saudi24news

VIVA – Pemerintah Lebanon telah menangkap pelaku yang menyebabkan ledakan besar yang terjadi di Beirut beberapa waktu lalu. Kepala otoritas bea cukai Lebanon secara resmi telah ditangkap pada hari senin, setelah diinterogasi oleh tim penyelidik. 

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Sebuah dokumen yang muncul setelah ledakan, menunjukkan bahwa ternyata para pejabat telah mengetahui selama bertahun-tahun. Jika 2.750 ton amonium nitrat disimpan di gudang di pelabuhan dan mengetahui bahayanya.

Akibat ledakan terbesar yang pernah terjadi di Lebanon, menyebabkan 180 orang meninggal dunia dan melukai 6.000 orang. Sementara itu, 30 orang masih dikabarkan menghilang. Ledakan ini juga menyebabkan kerusakan sekitar 10 hingga 15 miliar Dolar Amerika.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Selain itu, lebih dari 70.000 orang pekerja yang kini menganggur dan lebih dari 220.000 orang kehilangan pekerjaan. Keadaan menjadi lebih buruk karena mereka dipaksa untuk bertahan hidup di tengah pandemi COVID-19.

“Mereka (FBI dan penyidik Prancis) memiliki kemampuan lebih dari kita dan mengetahui tentang detail apa yang membuat kapal itu di sini, apa sumbernya, dan siapa pemiliknya,” kata Presiden Lebanon Michael Aoun dikutip VIVA Militer dari Military Selasa 18 Agustus 2020.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Karena penyelidikan atas ledakan dahsyat itu sangat kompleks, sehingga tidak dapat selesai cepat dan hanya mengandalkan intelijen sendiri. Presiden juga mengungkapkan bahwa penyelidikan dibagi menjadi tiga bagian, bagian pertama bertujuan untuk menentukan keadaan di sekitar kargo.

Lalu bagian kedua adalah untuk mengetahui dari mana asalnya dan siapa yang mengirimkannya. Kemudian bagian yang ketiga untuk menemukan siapa yang bertanggung jawab atas ledakan itu. 

Menurut seorang pejabat penerbangan Lebanon, tim penyelidik FBI beranggotakan sembilan orang. Sementara itu untuk penyelidik Perancis yang tidak diketahui jumlahnya, mereka sudah aktif melakukan penyelidikan selama berhari-hari di pelabuhan.

Baca: Geger, Rudal Berdaya Ledak Besar Ditemukan di Bandara Sipil Amerika

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya