Kim Jong-un Beri Tanggung Jawab kepada Adiknya, Akankah Warisi Takhta
Kim Jong-un Beri Tanggung Jawab kepada Adiknya, Akankah Warisi Takhta
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-bbc.jpg?v=8.7.28

Kim Jong-un Beri Tanggung Jawab kepada Adiknya, Akankah Warisi Takhta

Jumat, 21 Agustus 2020 | 09:50 WIB
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/08/21/5f3f321ea4256-pemimpin-korea-utara-kim-jong-un-berikan-tanggung-jawab-lebih-besar-kepada-adiknya-akankah-adik-kim-jong-un-warisi-takhta_663_382.jpg
Photo :
  • bbc

BBC Indonesia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah mendelegasikan tanggung jawab lebih besar kepada adiknya Kim Yo-jong dan orang-orang terdekat lainnya, kata badan intelijen Korea Selatan.

Menurut Badan Intelijen Nasional, Kim Yo-jong sekarang "mengendalikan urusan kenegaraan secara umum".

Adapun Kim Jong-un tetap mempertahankan posisinya sebagai "penguasa absolut" tetapi mendelegasikan sejumlah kebijakan kepada pejabat-pejabat lain untuk mengurangi beban tekanan.

Pernyataan ini dilaporkan dikeluarkan Badan Intelijen Nasioal Korea Selatan dalam pertemuan tertutup dengan Majelis Nasional pada Kamis (20/08). Sejumlah anggota parlemen kemudian membicarakannya dengan kalangan wartawan.

Tetapi Badan Intelijen Nasional sebelumnya pernah keliru mendapatkan informasi tentang Korea Utara.

 

Hubungan kakak dan adik di politik

 

Dalam beberapa tahun terakhir, Kim Yo-jong muncul sebagai tokoh kunci dalam arsitektur kekuasaan Pyongyang.

Ia adalah adik perempuan dari Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un dan satu-satunya saudaranya yang dianggap sebagai orang terdekat dan sekutunya yang paling kuat.

Kim Yo-jong pertama kali mendapat perhatian internasional pada 2018, ketika ia menjadi anggota pertama dari dinasti Kim yang berkunjung ke Korea Selatan.

Ia adalah bagian dari delegasi ke Olimpiade Musim Dingin, ketika Korea Utara dan Selatan berkompetisi sebagai tim gabungan.

 

Kim Yo-jong
Reuters

 

Pada musim semi dan setelahnya ia bekerja di samping Kim Jong-un seiring sang kakak menempuh jalur diplomasi internasional, bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Xi Jinping dari Cina, dan yang paling penting, Presiden AS Donald Trump.

Hubungan dekat dengan kakaknya dan jabatannya yang semakin tinggi dalam politik membuatnya kembali jadi sorotan pada April 2020 selama periode ketika Kim Jong-un tampak absen dari setiap acara publik, hal yang tak biasa.

 

 

Saksikan Juga