Kim Jong-un Dikabarkan Koma, Siapa Pewaris Pemimpin Tertinggi Korut?

VIVA Militer: Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dan adiknya, Kim Yo-Jong
Sumber :
  • Forbes

VIVA – Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korea Utara), Kim Jong-un kembali diterpa kabar tak sedap. Orang No 1 Korut itu dikabarkan telah lama dalam kondisi koma berbulan-bulan. Kini rumor siapa pengganti Kim Jong-un ikut ramai beredar di negara seteru Korea Selatan tersebut.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Dan ada satu nama yang kini menempati posisi teratas sebagai pengganti Kim Jong-un jika memang harus turun singgasana. Dialah Kim Yo-jong yang tak lain adalah adik perempuan dari Kim Jong-un. Hal itu juga dibenarkan Chang Song-min, mantan staf di pemerintahan Presiden Korsel, Kim Dae-jung.

Kebetulan, kabar koma dari Kim Jong-un juga sebelumnya dihembuskan salah satunya oleh Chang Song-min. Dan ia juga sangat yakin jika sosok Kim Yo-jong bakal dipersiapkan untuk mengganti posisi sang kakak, Kim Jong-un.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Kim Yo-jong, adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un

"Saya rasa dia (Kim Jong-un) sedang koma, tapi hidupnya belum berakhir (meninggal)," kata Chang Song-min beberapa waktu lalu seperti dilansir The Korea Herald.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Namun, seorang ahli yang tak disebutkan namanya bahkan berani mengklaim jika orang nomor satu di Korut tersebut telah meninggal. Meski hingga saat ini pemerintah Korut tetap keukeuh santer mengabarkan bahwa pemimpin tertingginya dalam kondisi baik-baik saja.

Sejatinya, adik perempuan Kim Jong-un yang baru berusia 30 tahun ini telah mengambil beberapa tugas dari kakaknya. Hal itu diungkapkan beberapa sumber termasuk orang dalam di Badan Intelijen Nasional Korea Selatan.

"Intinya Kim Jong-un masih memegang kekuasaan absolut tapi telah menyerahkan banyak wewenang. Kim Yo-jung secara de facto adalah orang kedua di Korea Utara," klaim seorang sumber di Korea Selatan.

Kim Yo-jong sendiri tercatat sempat muncul dalam beberapa kesempatan termasuk saat digelarnya KTT antara Korut dan AS pada 2019 silam. Saat itu, ia menemani sang kakak untuk bertemu Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Vietnam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya