Logo BBC

Diisukan Sakit Keras, Pemimpin Korut Kim Jong-un Terlihat Sehat

Penampilan Kim bertentangan dengan rumor baru-baru ini bahwa dia sakit parah.-Reuters
Penampilan Kim bertentangan dengan rumor baru-baru ini bahwa dia sakit parah.-Reuters
Sumber :
  • bbc

Setelah diisukan menderita sakit keras bahkan koma, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un muncul ke depan publik. Dalam sebuah tampilan video, Kim terlihat sehat dan mampu memimpin jalannya rapat pemerintahan.

Dalam rapat itu, Kim memperingatkan anak buahnya untuk bersiap menghadapi bahaya yang ditimbulkan oleh pandemi virus corona dan bahaya topan yang mengancam negara itu.

Korea Utara hingga kini belum mengonfirmasi ada tidaknya kasus Covid-19 di negaranya dan diperkirakan sebuah wabah besar corona akan berdampak buruk pada negara miskin itu.

Sementara Topan Bavi diperkirakan akan menghantam Korea Utara akhir pekan ini.

Memimpin rapat pertemuan politbiro, badan eksekutif tertinggi dan sekretariat di Korea Utara, pada Selasa, Kim, yang sambil merokok, mengatakan ada "beberapa kekurangan" upaya negara dalam mencegah "virus ganas", demikian media pemerintah melaporkan, namun tanpa memberikan rincian.

Pyongyang sejak lama bersikeras mengatakan bahwa tidak ada infeksi di negara itu, meskipun hal ini diragukan oleh para pengamat.

Telah beberapa pekan berlalu hingga sekarang, media Korea Utara tidak memberikan perkembangan terkini terkait virus corona di sana.