Logo BBC

Ota Benga Pemuda Afrika Pernah Dipamerkan di Kebun Binatang New York

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Library of Congress


Ota Benga diculik di wilayah yang kini dikenal sebagai Republik Demokratik Kongo pada 1904 dan dibawa di Amerika Serikat untuk dipamerkan. Wartawan Pamela Newkirk, yang telah banyak menulis tentang Oto Benga, menjadi saksi upaya selama beberapa dekade untuk menutupi apa yang terjadi padanya.

Lebih dari seabad setelah menjadi berita utama internasional karena memamerkan seorang pemuda Afrika, Kebun Binatang Bronx di New York akhirnya menyatakan penyesalannya.

Wildlife Conservation Society meminta maaf atas pameran yang mereka gelar pada 1906, yang memamerkan Ota Benga, seorang warga asli Kongo, terjadi setelah protes global yang dipicu oleh rekaman video pembunuhan polisi terhadap George Floyd yang sekali lagi menyoroti rasisme di Amerika Serikat.

Cristian Samper, presiden dan CEO Wildlife Conservation Society (WCS) mengatakan bahwa penting untuk merefleksikan sejarah WCS sendiri, dan keberlangsungan rasisme di lembaga kami.

Mengapa otak manusia lebih besar dari primata lainnya?
Kasus lempar rokok pada orang utan: sudah sering dilakukan pengunjung
Cerita warga di Kalimantan Tengah yang pernah makan orang utan: `Maklum, dulu zaman susah`


Dia berjanji lembaganya, yang mengelola Kebun Binatang Bronx, berkomitmen untuk transparan tentang episode yang menginspirasi tajuk utama di seluruh Eropa dan Amerika Serikat dari 9 September 1906 - sehari setelah Ota Benga pertama kali dipamerkan - hingga ia dilepaskan dari kebun binatang pada 28 September 1906.

Tapi permintaan maaf itu terlambat karena baru dilakukan setelah institusi itu selama beberapa dekade berdiam diri.

`Dia adalah karyawan kebun binatang`