Kim Jong-un Siapkan Parade Militer Korut Meski Virus Corona Mengintai

Kim Jong-un Siapkan Parade Militer Korut Meski Virus Corona Mengintai

Jumat, 4 September 2020 | 16:53 WIB
Korea Utara akan gelar parade militer pada 10 Oktober nanti.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un
Photo :
  • Istimewa

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un

VIVA – Pasukan militer Korea Utara terlihat sedang berlatih untuk sebuah pertunjukan militer besar, meskipun di tengah pandemi COVID-19. Gambar satelit yang dirilis oleh sebuah lembaga think tank Amerika Serikat, menunjukkan formasi pasukan dan kendaraan di Mirim Parade Training Ground, ibu kota Pyongyang.

"Korea Utara diperkirakan akan mengadakan parade militer besar pada 10 Oktober mendatang. Gambar-gambar ini memberikan bukti pertama, bahwa latihan sedang berlangsung," tulis laporan 38 North, yang dikutip The Sun, Jumat 4 September 2020.

Latihan itu digelar meskipun dilaporkan bahwa sebenarnya pandemi COVID-19 telah menyebar di negara terisolir tersebut. Meski tak ada laporan resmi tentang virus corona, namun Korut telah menutup perbatasan dan menerapkan penguncian yang ketat.

Baca juga: Kisah Heroik Tim Gegana, Selamatkan SBY dan Jakarta dari Serangan Bom

Bahkan dilaporkan bahwa pasukan Korut telah diperintahkan untuk menembak siapa saja yang terlihat berkeliaran di dekat perbatasan dengan China. Perintah itu dikeluarkan meski Kim telah mengklaim Korut bebas dari virus dan bersikeras bahwa dia tak khawatir dengan virus tersebut.

Fasilitas di Mirim kerap digunakan oleh pasukan militer Korea Utara untuk latihan baris berbaris. Sementara parade militer besar yang juga memamerkan tank, rudal dan truk lapis baja biasanya berlangsung di Lapangan Kim Il-sung di Pyongyang. (ren)

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler