Topan Haishen Hantam Jepang, Makan Korban Jiwa dan 84 Luka

Topan Haishen hantam Gyeongju, South Korea
Sumber :
  • Yonhap

VIVA – Satu orang tewas dan 84 lainnya mengalami cedera, setelah topan Haishen menghantam wilayah Jepang dan Korea Selatan, Senin 7 September 2020. Topan tropis itu menghancurkan bangunan, membanjiri jalan dan memutus aliran listrik ke ribuan rumah.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Empat orang hilang setelah angin berkecepatan 112 mph menghantam Jepang awal pekan ini, sebelum mengarah ke Korea Selatan dan memicu tanah longsor.

Topan Haishen telah menghantam ibu kota di wilayah China, Provinsi Jilin dan mulai bergerak ke Provinsi Heilongjiang, Selasa 8 September 2020. Dilansir dari Xinhuanet, hujan lebat yang mengguyur provinsi tersebut membuat otoritas provinsi meminta sekolah-sekolah diliburkan. 

Di Jepang seorang wanita berusia sekitar 70 tahun meninggal di kota Akune, Prefektur Kagoshima, saat akan dievakuasi dari rumahnya dan jatuh ke selokan. Media lokal menyebut 84 orang lainnya terluka karena jatuh akibat angin kencang yang disebabkan oleh topan tersebut.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Pihak berwenang mendesak evakuasi bagi orang-orang di daerah di tujuh prefektur di Jepang selatan. Topan telah memutus aliran listrik ke sekitar 180 ribu rumah, yang juga berdampak pada penghentian layanan transportasi umum di tujuh prefektur tersebut.

Baca juga: Si Cantik Isabella Viral karena Tikam Ibu Kandungnya 151 Kali

Di Korea Selatan, mobil kesulitan melewati jalan yang banjir di wilayah Ulsan dan kota pesisir lainnya seperti Busan, Sokcho dan Gangneung. Pekerja darurat bergegas untuk membersihkan pohon yang tumbang dan rambu lalu lintas, serta bangunan lainnya yang rusak.

Ratusan penerbangan masuk dan keluar dari provinsi pulau selatan Jeju dan di seluruh daratan telah dibatalkan. Beberapa jembatan dan ruas rel kereta api ditutup, ribuan perahu nelayan dan kapal lainnya dipindahkan ke tempat aman, dan lebih dari 1.600 penduduk di wilayah daratan dievakuasi karena kemungkinan longsor. (ren)

Ayah Lee Sun Kyun Meninggal Dunia Tiga Bulan Setelah Kematiannya
Han So Hee

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Dalam unggahan panjangnya itu, Han So Hee terlihat merespon unggahan permintaan maaf Hyeri beberapa pekan lalu. Dia juga menyoroti tentang ungkapan hati Hyeri

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024