Logo DW

China-India Siap Tarik Pasukan dari Perbatasan Himalaya

picture-alliance/NurPhoto/M. Mattoo
picture-alliance/NurPhoto/M. Mattoo
Sumber :
  • dw

Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi dan Menteri Luar Negeri India S Jaishankar bertemu di Moskow, Rusia pada hari Kamis (10/09).

Mereka bertemu dan mencoba untuk mengakhiri perselisihan selama berbulan-bulan di perbatasan yang tidak berdemarkasi di wilayah pegunungan Himalaya.

Dalam pertemuan tersebut tercapai lima poin kesepakatan yang diumumkan dalam sebuah pernyataan bersama, di mana salah satu poinnya adalah pasukan tentara Cina dan India harus segera melepaskan diri dan meredakan ketegangan.

Kedua menteri sepakat bahwa situasi di daerah perbatasan yang diperebutkan tersebut saat ini tidak menguntungkan kedua belah pihak.

Wang mengatakan kepada Jaishankar selama pertemuan bahwa "yang harus dilakukan saat ini adalah segera menghentikan provokasi seperti penembakan dan tindakan berbahaya lainnya yang melanggar komitmen, yang dibuat oleh kedua belah pihak," kata Kementerian Luar Negeri Cina dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat (11/09).

Wang juga mengatakan kepada Jaishankar bahwa semua personel dan peralatan yang telah masuk tanpa izin di perbatasan harus dipindahkan. Pasukan yang berada di kedua sisi daerah perbatasan “harus segera melepaskan diri” untuk meredakan situasi.

Konsesus yang dicapai di sela-sela kegiatan konferensi itu tercipta setelah terjadinya bentrokan di daerah perbatasan Himalaya barat pada awal pekan ini.