5 Kebakaran Hutan Terbesar dalam Sejarah California

Kebakaran di California, AS
Sumber :
  • The Guardian

VIVA – Korban tewas kebakaran hebat di California, Amerika Serikat (AS) beberapa hari lalu terus bertambah. Terakhir sebanyak 16 orang dinyatakan tewas dan puluhan orang dikabarkan hilang. Fakta yang lebih mengerikan, 5 kebakaran hutan terbesar dalam sejarah California terjadi dalam 3 tahun.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Ya, kebakaran hebat yang terjadi pada Kamis 10 September 2020 lalu dan melahap wilayah Glenn Mendocino, Danau Tehama dan Trinity telah memecahkan rekor. Ini menjadi kebakaran hutan terbesar dalam sejarah California. 

Sebelumnya sudah tercatat beberapa kali kebakaran hutan di California memecahkan rekor sebelumnya. Pada 2018 lalu, kebakaran hebat yang melanda beberapa bagian Mendocina, Lake, Gleen dan Colusa juga telah memecahkan rekor dengan total luas yang terbakar lebih dari 185 hektare.

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

Baca juga: Kebakaran Hebat di California Tewaskan 10 Orang, 16 Dinyatakan Hilang

Sedangkan dua kebakaran terbesar dalam sejarah California terjadi beberapa bulan lalu. Kebakaran di kompleks SCU dan LNU (keduanya di wilayah Bay Area) bulan lalu tercatat sebagai kebakaran terbesar ketiga dan keempat dalam sejarah California.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

kebakaran hutan di amerika serikat

Kebakaran di SCU total melahap lahan seluas 160 hektare sedangkan kebakaran di LNU tercatat melahap lahan seluas hampir 147 hektare. 

Sedangkan kebakaran terbesar yang masuk 5 besar dalam sejarah California adalah kebakaran di wilayah Ventura dan Santa Barbara pada Desember 2017 silam. Kebakaran ini melahap lahan seluas 114 hektare.

Dari beberapa keterangan yang diberikan pihak berwenang di California, pemicu kebakaran hebat di beberapa wilayah itu dipengaruhi berbagai faktor. Namun hal utama yang memicu mudahnya kebakaran di wilayah tersebut adalah iklim yang ekstrem.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya