Logo BBC

Anak Hubungan Gelap Mantan Raja Belgia Gugat Hak dan Gelar Bangsawan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Delphine Boël
EPA
Delphine menginginkan hak sama dengan saudara-saudaranya yang satu ayah tapi beda ibu, kata pengacara.

Anak hasil perselingkuhan mantan Raja Belgia, Albert II, tengah berupaya agar pengadilan mengabulkan permohonannya agar dirinya mendapat hak dan gelar bangsawan yang sama seperti anak-anak raja dari pernikahan sah.

Gugatan Delphine Boel, 52, diajukan ke pengadilan di Brussels setelah pada Januari lalu Albert II akhirnya mengakui dia adalah ayah kandung Boel Padahal selama lebih dari satu dekade dia berkeras menentang klaim Boel.

Ibu Boel Baroness Sybille de Selys Longchamps, mengklaim menjalani `hubungan gelap` selama 18 tahun dengan Albert sebelum pria itu menjadi raja.

Rumor bahwa Albert memiliki anak dari hubungan selingkuh pertama kali mengemuka pada 1999 dalam buku biografi tak resmi mengenai istri Albert, Ratu Paola. Hal ini memicu pemberitaan terus-menerus mengenai skandal di lingkungan kerajaan Belgia.

Boel pertama kali terekam menuding Raja Albert II adalah ayah kandungnya ketika dia diwawancarai pada 2005 lalu. Namun, baru setelah Albert lengser dari takhtanya”sekaligus kehilangan kekebalan hukum” Boel mengajukan gugatan di pengadilan.