Yoshihide Suga Selangkah Lagi Jadi PM Jepang

Yoshihide Suga
Sumber :
  • Twitter @FRANCE24

VIVA – Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dipastikan akan menggantikan Shinzo Abe sebagai Perdana Menteri Jepang. Hal ini setelah partai berkuasa di Jepang, Partai Liberal Demokrat (LDP), memilih Suga sebagai pemimpin barunya. 

Beredar Foto Sempat Bertemu PM Israel Netanyahu, Gus Yahya: Pertemuan Diplomatik

Suga dengan mudah memenangkan pemungutan suara, dengan 377 dari total 534 suara sah dari anggota parlemen LDP dan perwakilan daerah.

Mengingat mayoritas anggota legislatif adalah LDP, Suga akan dengan mudah memenangkan suara parlemen pada Rabu pekan ini. Suga tinggal selangkah lagi jadi perdana menteri menggantikan Abe, yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Baca Juga: Yoshihide Suga Muncul jadi Kandidat PM Jepang Pengganti Shinzo Abe

Suga berterima kasih kepada Abe dan berjanji untuk terus maju dengan reformasi. Bulan lalu, Abe memutuskan mengundurkan diri karena kesehatan yang buruk sehingga mengakhiri hampir delapan tahun masa jabatannya.

PM Kishida Sampaikan ke Prabowo Jepang Akan Berkontribusi di Infrastruktur dan Energi di Indonesia

Dia menceritakan pengalamannya yang berlatar belakang sebagai anak petani dan hidup dengan sederhana.

"Saya lahir sebagai anak tertua seorang petani di Akita. Tanpa pengetahuan atau ikatan darah, saya terjun ke dunia politik mulai dari nol, dan telah mampu menjadi pemimpin LDP bersama semua tradisi dan sejarahnya," kata Suga seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin, 14 September 2020.

Dia menekankan tekadnya sebagai pemimpin yang mengabdi untuk Jepang. "Saya akan mengabdikan diri untuk bekerja bagi Jepang dan warganya," ujar Suga.

Suga menegaskan dia akan melanjutkan strategi khas Abe yang dijuluki 'Abenomics', melalui kebijakan moneter yang muda. Pun, pengeluaran pemerintah dan reformasi sambil mengatasi masalah COVID-19 dan ekonomi yang merosot.

Dia juga siap menghadapi masalah jangka panjang seperti populasi jepang yang menua dan angka kelahiran rendah. (lis)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya