Logo DW

Trump Sangkal Perubahan Iklim jadi Dalang Kebakaran Hutan AS

AFP/B. Smialowski
AFP/B. Smialowski
Sumber :
  • dw

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada hari Senin (14/09), membantah perubahan iklim sebagai penyebab kebakaran hutan yang telah melanda negara-negara bagian barat AS, antara lain California, Oregon, dan Washington.

Dalam kunjungannya ke California, Trump menyangkal argumen pejabat setempat yang mengatakan bahwa iklim yang memanas menjadi penyebab di balik kebakaran tersebut.

“(Suhu) akan menjadi lebih dingin, lihat saja,” kata Trump.

Trump menyebut kebakaran hutan terjadi karena buruknya pengelolaan hutan. Dia juga menuduh pejabat setempat lalai dalam melaksanakan prosedur pembukaan lahan yang benar.

Kepala Badan Sumber Daya Alam California, Wade Crowfoot, mendesak Trump untuk mengakui bahwa perubahan iklim turut andil dalam penyebab kebakaran alih-alih menyalahkan buruknya pengelolaan hutan. Crowfoot juga menekankan perlunya “bekerja sama dengan ilmu pengetahuan.“

“Saya harap ilmu pengetahuan sependapat dengan Anda,“ kata Crowfoot yang kemudian dibalas Trump: “Saya rasa ilmu pengetahuan sebenarnya tidak tahu.“

Gubernur California Gavin Newsom, yang berpendapat bahwa perubahan iklim merupakan faktor utama terjadinya kebakaran, mengakui perlunya pengelolaan hutan yang lebih baik tetapi menyoroti bahwa masalah yang ada sebenarnya lebih dari sekadar pengelolaan.