Logo DW

Rekam Jejak Hebat Yoshihide Suga, PM Baru Jepang Anak Petani

Reuters/K. Kyung-Hoon
Reuters/K. Kyung-Hoon
Sumber :
  • dw

Yoshihide Suga dikenal sebagai orang yang disiplin. Dia tidak merokok atau minum alkohol dan konon setiap pagi senam dengan melakukan 200 sit ups.

Dia juga segan tampil ke muka publik. Penampilan besar terakhirnya adalah ketika pada April tahun lalu dia ditugaskan mendeklarasikan era baru Reiwa di Jepang, yang menandai penggantian di pucuk Kekaisaran Jepang dari Kaisar Akihito ke putranya Naruhito.

Terpilihnya Yoshihide Suga sebagai pengganti Shinzo Abe di pucuk pimpinan Partai Demokrat Liberal Jepang LDP juga menandai bergantinya sebuah era. Karena LDP merupakan partai penguasa, Yoshihide Suga dipastikan juga akan terpilih menjadi Perdana Menteri baru, setelah Shinzo Abe mengumumkan pengunduran diri.

Tangan Kanan Shinzo Abe

Yoshihide Suga belajar ilmu politik di Universitas Hosei di Tokyo dan terjun ke politik pada usia 26 tahun. Ketika Shinzo Abe pertama kali menjadi Perdana Menteri tahun 2006, Yoshihide Suga diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri, kemudian mulai 2012 menjadi juru bicara pemerintah.

Yoshihide Suga memang meniti karier dari bawah dan sudah mengumpulkan banyak pengalaman yang bisa menguntungkan posisinya, kata analis politik Tobias Harris.

"Dia kelihatannya punya pandangan menyeluruh tentang situasi politik dan pemerintahan ketimbang para pemimpin sebelumnya. Ini mungkin alasan yang bisa membangkitkan optimisme, jika dia mengambil alih jabatan (Perdana Menteri)", katanya.