Pembunuhan Muslim Toronto, Pelaku Kelompok Neo Nazi?

Source : Republika
Source : Republika
Sumber :
  • republika

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO – Seorang pria yang dituduh melakukan pembunuhan secara acak terhadap seorang pria Muslim di Toronto memiliki beberapa koneksi online dengan Order of Nine Angles, sebuah kelompok yang oleh pakar digambarkan VICE News sebagai "sekte kematian neo-Nazi." Pria yang telah ditangkap dan dituduh membunuh itu diduga memiliki hubungan dengan kelompok okultisme Neo Nazi.

Pada Jumat kemarin, polisi menangkap dan mendakwa Guilherme (William) Von Neutegem yang berusia 34 tahun dengan pembunuhan tingkat pertama sehubungan dengan kematian Mohamed-Aslim Zafis pria Muslim Toronto itu. 

Dalam konferensi pers yang mengumumkan penangkapan tersebut, Inspektur Polisi Toronto Hank Idsinga mengatakan Von Neutegem hanya sedang berjalan melewati Zafis lalu menikamnya.

Namun, polisi mengatakan masih terlalu dini untuk mengecualikan Von Neutegem dari penyelidikan pembunuhan Rampreet Singh yang ditikam hingga tewas beberapa hari sebelumnya. "Tampaknya tidak ada motif apa pun dan tampaknya tidak ada hubungan yang diketahui antara tersangka dan korban," kata Idsinga.

Diketahui, Zafis, seorang pria Muslim berusia 58 tahun, sedang duduk di luar sebuah masjid Toronto. Lalu dia diserang dan ditikam sampai tak bernyawa pada 12 September. Dia orang kulit berwarna kedua yang ditikam sampai mati di Toronto hanya dalam beberapa hari.

Namun, seperti yang pertama kali dilaporkan Canadian Anti-Hate Network (CAHN), halaman media sosial yang terhubung ke Von Neutegem menunjukkan koneksi ke grup yang berafiliasi dengan Nazi yang dikenal sebagai Order of Nine Angles atau O9A/ONA.

Direktur Eksekutif CAHN, Evan Balgord, menggambarkan O9A kepada VICE News sebagai "sekte kematian Neo Nazi." Dia mengatakan, agak memprihatinkan karena polisi Toronto tidak menarik koneksi apa pun di sini. "Mengesampingkan O9A bukanlah sesuatu yang diketahui banyak orang, ada contoh lain dari citra Neo Nazi di akun Instagram-nya. "Ini termasuk matahari hitam, yang hampir tidak salah lagi (berasal dari) pengenal Neo Nazi seperti swastika," ungkapnya.