Logo BBC

Sidang Umum PBB: Trump Tuding China Melepaskan Wabah ke Dunia

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menandai hari jadinya yang ke-75 sebagai tatanan global pasca-Perang Dunia Kedua, yang menciptakannya dengan fondasi yang goyah.

Multilateralisme sedang dalam kekacauan serius, seperti yang diamati oleh mantan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon.

Kebijakan luar negeri Presiden Donald Trump `America First` membuat AS mengabaikan perjanjian multilateral dari perjanjian Iklim Paris hingga kesepakatan nuklir Iran, sementara China secara jelas memposisikan dirinya sebagai pendukung baru Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Tetapi pengaruh China yang meningkat datang dengan konsekuensi. Jika Beijing mencurahkan lebih banyak uang untuk mendanai badan-badan PBB seperti Organisasi Kesehatan Dunia maka negara itu akan menginginkan lebih banyak suara di PBB.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres berbicara tentang hal mendasar yang dihadapi PBB - mereka yang membangun Perserikatan Bangsa-Bangsa, katanya, mengetahui nilai persatuan karena mereka telah hidup melalui perang dan pandemi sebelumnya.

Kekhawatiran tentang arti persaingan AS China bagi stabilitas global mewarnai pertemuan jarak jauh para pemimpin dunia ini.

Tidak ada yang menyamarkan urgensi nada bicara Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang dalam sambutannya yang direkam sebelumnya, mengatakan dunia tidak boleh diserahkan kepada persaingan antara China dan AS.