Negara Miskin Masih Terfokus di Asia Pasifik

Program perbaikan rumah warga miskin.
Sumber :
  • ANTARA/Eric Ireng

VIVAnews - Sejumlah menteri dan perwakilan negara di kawasan Asia Pasifik menyambut baik kemajuan negara-negara di kawasan Asia Pasifik dalam menghapus kemiskinan dan kelaparan.

Namun, mereka prihatin karena Asia dan Pasifik masih menjadi kawasan dengan jumlah penduduk miskin terbesar di dunia. Mayoritas penduduk miskin dunia berada di kawasan Asia Pasifik. Miskin berarti jumlah penerimaan kurang dari US$1,25 per hari.

Demikian salah satu isi deklarasi yang dihasilkan di akhir Special Ministerial Meeting for Millenium Development Goals Review in Asia and the Pasific, Rabu, 4 Agustus 2010. Pertemuan tersebut digelar di Jakarta pada 3-4 Agustus 2010.

"Kabar baiknya adalah bahwa kawasan Asia Pasifik secara keseluruhan sudah berada di jalur yang benar untuk mencapai target (MDGs) pada 2015," kata Sha Zukang, Under-Secretary-General for Economic and Social Affairs Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Namun, kemajuan di tiap negara di kawasan ini sangat bervariasi. "Asia Timur dan Asia Tenggara telah mencapai target, tetapi sebagian besar negara Asia Selatan terancam tidak mencapai target," ujar Zukang dalam konferensi pers.

Saat ini, kata Zukang, masih banyak penduduk dunia yang menganggur. "Kita harus berjalan bersama menuju pemulihan lapangan pekerjaan. Krisis finansial dan tantangan perubahan iklim membuat MDGs makin sulit dicapai. Namun, kemajuan impresif yang dicapai Asia Pasifik saat krisis ekonomi 1997 membuat MDGs tetap memungkinkan dicapai meski berada dalam lingkungan internasional yang lebih sulit."

Dalam deklarasi bersama disebutkan juga bahwa untuk mengatasi persoalan kelaparan, berbagai persoalan lain harus diatasi, antara lain tantangan ketahanan pangan, malnutrisi, buruknya layanan kesehatan, kondisi pasar agrikultural yang tidak adil, buruknya infrastruktur, dan degradasi lingkungan. (umi)

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024