Pemerintah Baru Portugal Siap Potong Anggaran

Calon Perdana Menteri Portugal, Pedro Passos Coelho.
Sumber :
  • AP Photo/Francisco Seco

VIVAnews - Partai Sosial Demokrat Portugal berhasil mengalahkan kubu berkuasa, Partai Sosialis, dalam pemilu yang berlangsung di negara itu Minggu, 5 Juni 2011 waktu setempat. Partai pemenang nantinya akan mewarisi krisis yang tengah melanda Portugal, yaitu bagaimana mengatasi utang negara dan menerapkan pemotongan anggaran.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Menurut kantor berita Associated Press, partai sayap kanan-tengah ini menang dengan 39 persen suara dan mendapatkan 105 kursi di parlemen. Sedangkan partai berkuasa hanya mendapatkan 28 persen suara dan 73 kursi di parlemen.

Tugas Sosial Demokrat tidak mudah. Mereka harus melakukan penghematan dan pemotongan anggaran untuk membayar biaya talangan (bailout) senilai 78 miliar euro atau sekitar Rp974 triliun dari berbagai lembaga dunia, termasuk Uni Eropa. Diperkirakan penghematan yang akan dilakukan menyebabkan negara termiskin di Eropa ini masuk ke dalam resesi.

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

"Pemerintahan kami nantinya akan melakukan segalanya untuk mengatasi kesulitan besar yang kami hadapi saat ini. Kami juga berjanji, kesulitan kami tidak akan membebani Eropa secara keseluruhan," ujar Pedro Passos Coelho, pemimpin Partai Sosial Demokrat sekaligus calon perdana menteri Portugal.

Krisis yang menimpa beberapa negara pengguna euro di Eropa membuat kepercayaan investor terhadap Eropa memudar. untuk mengatasi hal ini, Uni Eropa menyuntikkan dana segar bagi negara-negara bermasalah, di antaranya Yunani dan Portugal.

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

Portugal, satu dari 17 negara pengguna euro, tengah bangkit dari keterpurukan dengan menerapkan penghematan secara berkala. Hal ini, ujar pemimpin Sosial Demokrat sekaligus calon perdana menteri baru Portugal, Pedro Passos Coelho, adalah salah satu cara untuk menumbuhkan kembali kepercayaan pasar internasional. 

"Ini juga termasuk salah satu cara untuk membuka harapan baru bagi rakyat Portugal," ujar Coelho.

Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024