Menlu Apresiasi BPK se-ASEAN

Menlu RI Marty M. Natalegawa
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Marty M Natalegawa memberikan apresiasi terhadap pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan se-ASEAN yang berinisiatif membentuk ASEAN Supreme Audit Institutions (SAI). Marty menyatakan pembentukan komunitas itu akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan negara-negara ASEAN.

"Kami meyakini pembentukan ASEAN SAI akan memberikan kontribusi besar dalam upaya bersama kita mewujudkan Komunitas ASEAN yang berdasarkan prinsip-prinsip akuntabilitas, tata pemerintah yang baik dan penegakan supremasi hukum," kata Menlu di Jakarta, Kamis 13 Oktober 2011.

Marty mengungkapkan dengan kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat turut meningkatkan partisipasi dan harapan publik kepada pemerintah. Sementara isu akuntabilitas dan tata pemerintah yang baik kian menjadi persoalan sentral.

"Peran kita semua, seluruh delegasi pertemuan ini, untuk memastikan kita dapat memenuhi hal tersebut baik pada tingkat nasional, regional maupun internasional," jelasnya.

Dia berharap pertemuan tersebut mampu menghasilkan ide-ide segar dan proyek-proyek kerja sama yang kongkrit untuk semakin meningkatkan kemampuan negara-negara ASEAN dalam menjalankan auditing yang tepat dan meningkatkan kapasitasnya untuk melaksanakan tata pemerintahan yang baik.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Selain itu, pertemuan mampu memastikan praktik-praktik yang dijalankan sesuai dengan standar internasional, serta sejalan dengan visi ASEAN yang berbasis masyarakat.

"Singkat kata, tata pemerintahan yang baik dan penegakan supremasi hukum akan menjadi dasar yang baik untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ucapnya.

Pertemuan para delegasi ini adalah bagian dari rencana pembentukan ASEAN SAI, sebuah komunitas Badan Pemeriksaan Keuangan seluruh ASEAN pada bulan November 2011 di Bali.

Turut hadir dalam pertemuan itu adalah jajaran pimpinan BPK seperti, Ketua BPK RI Hadi Poernomo, Wakil Ketua BPK RI, Hasan Bisri, serta para delegasi SAI dari 10 negara anggota ASEAN, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singaura, Thailand, dan Vietnam. (umi)

Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23
Chandrika Chika

Profil Selebgram Chandrika Chika yang Ditangkap Polisi Terkait Dugaan Kasus Narkoba

Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan Tanah Air. Chandrika Chika, yang dikenal dengan joget papi chulonya, ditangkap oleh pihak kepolisian terkait kasus narkoba.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024