VIDEO: Wartawan RI Terjebak Perang Afganistan

Farhan, jurnalis RI yang sempat terjebak di Kabul, Afganistan
Sumber :

VIVAnews - Pertempuran pecah di Ibukota Afganistan, Kabul, Minggu 15 April 2012. Kelompok Taliban menyerang gedung-gedung pemerintah, kedutaan sejumlah negara, dan pangkalan militer.

Pertempuran itu berlangsung 18 jam, hingga Senin 16 April 2012. Selama itu juga, suara letusan senapan, granat, dan bom terdengar di Kabul. Serangan itu dilawan oleh tentara Afganistan dan NATO.

Kepanikan terjadi di mana-mana. Di antara peperangan itu pula, empat jurnalis Indonesia terjebak. Mereka adalah Asep BS, M. Farhan, Mohamad Sidiq, dan Heka Irawan. Keempatnya berada di Kabul untuk memberikan pelatihan staf Kementerian Anti Narkoba Afganistan dalam kerangka Colombo Plan.

Saat terjadi baku tembak, keempatnya tengah berada di Hotel Park Star. Jaraknya sekitar 100 meter dari kantor KBRI di Kabul. Mereka bersembunyi di sebuah bunker di hotel itu.

Komunikasi dengan KBRI tak lancar. Suasana semakin mencekam saat pengebom bunuh diri menerobos hotel. Keempat jurnalis Indonesia itu harus bersiaga terus. Hingga hari mencekam itu usai.

Akibat pertempuran itu, 40 tentara Taliban, 8 tentara Afganistan, dan 4 warga sipil tewas. Sekitar 25 orang terluka.

Lihat video pertempuran itu di tautan ini.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

(eh)

Duel Real Madrid vs Barcelona

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Duel Real Madrid vs Barcelona dalam lanjutan LaLiga matchday ke 32 di Stadion Santiago Bernabeu, Senin 22 April 2024. pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024