Portugal Hapus Empat Hari Libur

Koin Euro
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina

VIVAnews - Seperti beberapa tetangganya di Eropa, Portugal turut mengalami krisis ekonomi. Pemerintah pun terpaksa menerapkan beberapa langkah ekstrem agar defisit anggaran tidak membesar dan Portugal kembali produktif.

Selain menerapkan program penghematan anggaran, Portugal harus menghapus empat dari 14 hari libur dalam setahun. Menurut stasiun televisi BBC, penghapusan empat hari libur ini mulai berlaku pada 2013 dan akan berlangsung selama lima tahun.

Beberapa hari libur yang dihapus pemerintah Portugal melibatkan hari raya keagamaan Katolik, yaitu Hari Orang-orang Suci 1 November dan Hari Corpus Christi, yang jatuh setiap 60 hari setelah Hari Raya Paskah. Pemerintah mengaku telah berkonsultasi dengan Vatikan sebagai otoritas gereja-gereja Katolik, yang merupakan agama mayoritas rakyat Portugal.

Pemerintah Portugal pun juga menghapus dua hari libur lain, yang berkaitan dengan sejarah mereka. Hari-hari libur itu jatuh pada 5 Oktober, yang memperingati terbentuknya Republik Portugis pada 1910 dan 1 Desember, yang menandai kemerdekaan Portugal dari penjajahan Spanyol pada 1640.

Sebelumnya, Portugal juga harus memangkas gaji pegawai negeri dan menaikkan pajak. Langkah yang tidak populer ini demi mengurangi defisit anggaran dan cara menghadapi krisis ekonomi.  

Portugal pun tahun lalu sepakat menerima pinjaman darurat sebesar 78 miliar euro dari Uni Eropa, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF). Namun, bantuan darurat itu menyertakan sejumlah syarat yang harus dipenuhi Portugal, diantaranya penghematan anggaran.

Selain mengatasi krisis, Portugal berharap penghapusan beberapa hari libur itu juga akan meningkatkan daya saing dan menggenjot produktivitas ekonomi di negeri mereka.  

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024